Salt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan Restoran

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 14:00 WIB
Salt Bae Jadi Chef Terkenal, Pernah Magang 13 Tahun di Toko Daging Foto: Childhood Biography/Instagram nusr_et
Jakarta -

Salt Bae dapat kritikan buruk karena harga makanannya yang terlalu mahal dan rasanya yang tidak sesuai. Kini ada kritikus makanan yang sengaja makan kebab murah di depan restorannya.

Chef Nusr-Et asal Turki populer karena aksi tabur garamnya di tahun 2016. Namanya lebih dikenal dengan Salt Bae yang memiliki banyak restoran steak mewah di berbagai negara mulai dari Dubai hingga Inggris.

Salt Bae baru saja meresmikan restoran Nusr-Et Steakhouse terbarunya yang terletak di dalam Park Hotel Tower di London. Meski baru dibuka sayangnya banyak komentar atau ulasan buruk dari pengunjung yang sudah makan di sana. Paling banyak mereka komplain karena harga steak dan minuman di sana terlalu mahal tapi rasa makanannya biasa saja.

Dilansir dari Indy100 (22/10), hal ini lah yang membuat seorang kritikus makanan atau food critic bernama Jay Rayner asal Inggris memutuskan untuk membuat gebrakan terbaru. Alih-alih masuk ke dalam restoran Salt Bae dan memesan steak atau makanan super mahal di sana, Jay lebih memilih membawa kursi dan mejanya sendiri.

Salt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan RestoranSalt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan Restoran Foto: Guardian/Site News

Baca Juga: Makan di Resto Salt Bae, Jutawan Ini Bilang Lebih Puas Makan di McD!

Tanpa malu Jay, menggelar meja dan kursi yang dibawanya dari rumah tepat di depan restoran Salt Bae. Ia kemudian memakan kebab murah yang dibelinya dari gerai Kebab Kid yang tak jauh dari restoran Salt Bae di London.

Berbanding terbalik dengan harga makanan di restoran Salt Bae yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jay hanya mengeluarkan uang sekitar £8.50 (Rp 166.000), untuk membeli kebab kaki lima itu.

Dengan muka garangnya Jay langsung memakan kebab dari Kebab Kid dan menilai rasa dari makanan murah tersebut, semuanya ia lakukan di depan restoran Salt Bae.

"Ini memang sikap yang menggelikan. Tapi Nusr-Et Steakhouse merupakan restoran yang jauh lebih menggelikan," kritik Jay.

Salt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan RestoranSalt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan Restoran Foto: Guardian/Site News

"Saya yakin makanan yang saya makan ini jauh lebih enak dan berkualitas dibandingkan makanan yang disantap para pengunjung, dibalik pintu kayu besar di belakang saya. Lengkap dengan menu steak lengket yang dibungkus oleh kertas emas," sindir Jay. Menu beefsteak emas di restoran Salt Bae ini harganya mencapai £1,450 (Rp 28,3 juta) per porsi.

"Saya tidak akan mau membuang uang saya mahal-mahal hanya untuk makan steak berlapis emas. Sebaliknya saya malah makan kebab murah yang ternyata rasanya sangat enak. Sambil mengejek kebodohan yang berada di dalam restoran," nyinyir Jay.

Tentunya aksi Jay ini mengundang pro dan kontra. Konten review makanannya yang berbau menjelekkan makanan di restoran Salt Bae, justru mendapatkan tepuk tangan dari netizen di Twitter yang kesal karena harga makanan tak masuk akal di restoran milik chef asal Turki tersebut.

Salt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan RestoranSalt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan Restoran Foto: Guardian/Site News

"Tidak mengulas restoran mereka merupakan langkah yang lebih keren sekaligus menusuk. Kerja yang bagus Jay!" puji @danta**.

"Saya akan memastikan bahwa anak-anak saya akan membaca ulasan darimu Jay. Agar mereka tidak mengajak saya untuk makan di restoran ini," komen @hashtag**.

"Keren Jay! Saya juga tak habis pikir bagaimana bisa melapisi daging steak di dalam emas, disebut sebagai kuliner yang enak," sindir @mrjames**.

Tak hanya Jay yang memberikan kritikan keras tentang restoran terbaru Salt Bae di London ini. Sebelumnya banyak juga beberapa pengunjung yang kaget, ketika melihat tagihan bill mereka mencapai puluhan hingga ratusan juta ketika makan steak di sana.

Baca Juga: Kontroversi Restoran Salt Bae, Terkait Hak Cipta hingga Upah Lembur Pegawai



Simak Video "Jejak Langkah dr. Boyke, Sang Edukator Seks Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com