Bukan dari Biji Cokelat, Minuman Ini Dibuat dari Buah Cokelat

Devi Setya - detikFood Senin, 25 Okt 2021 10:00 WIB
Bukan dari Biji Cokelat, Minuman Ini Dibuat dari Buah Cokelat Foto: Barry Callebaut
Jakarta -

Selama ini orang hanya mengenal olahan biji cokelat, sementara bagian buahnya dibuang sia-sia. Padahal buah cokelat punya rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Dari sebutir buah cokelat utuh, hanya sekitar 30 persennya yang digunakan dalam industri makanan yakni bagian bijinya saja. Sementara 70 persennya meliputi buah, jus, ampas dan kulit harus dibuang percuma.

Padahal buah cokelat punya rasa yang cukup enak dan mengandung nutrisi. Dilansir dari Japan Today (23/10) perusahaan Swiss Barry Callebaut, pembuat cokelat terbesar di dunia, membuat minuman berbasis buah cokelat.

Bukan dari Biji Cokelat, Minuman Ini Dibuat dari Buah CokelatBukan dari Biji Cokelat, Minuman Ini Dibuat dari Buah Cokelat Foto: Barry Callebaut

Minuman yang kemudian diberi nama Elix ini dibuat menggunakan 100 persen buah cokelat. Salah satu tujuan diproduksi minuman ini adalah untuk mengurangi limbah cokelat yang sangat banyak dan berpengaruh buruk pada lingkungan.

"Minuman ini memiliki rasa buah yang sangat enak dan berkhasiat untuk kesehatan," kata kepala eksekutif Barry Callebaut, Peter Boone.

Minuman ini pertama kali diluncurkan di Eropa di mana badan keamanan pangan Uni Eropa telah mendukung klaim bahwa zat dalam kakao yang disebut flavanol bermanfaat baik untuk sirkulasi darah. Minuman ini diharapkan bisa menjadi alternatif minuman sehat jadi pilihan banyak orang. Dengan demikian, buah cokelat tidak akan lagi terbuang sia-sia.

Pada tahun 2017, Barry Callebaut pernah meluncurkan jenis cokelat merah muda, yang disebut ruby chocolate. Pada tahun 2019, perusahaan ini juga meluncurkan jenis cokelat baru yang menggunakan buah utuh.

"Kami mulai mendaur ulang limbah dan pada akhirnya menghasilkan nilai lebih bagi para petani, tetapi juga melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan," ujar Boone.

Bukan dari Biji Cokelat, Minuman Ini Dibuat dari Buah CokelatBukan dari Biji Cokelat, Minuman Ini Dibuat dari Buah Cokelat Foto: Barry Callebaut

Aedin Cassidy, seorang profesor di Queens University Belfast mengatakan flavonol dalam buah cokelat membantu melancarkan sirkulasi darah dari dan menuju jantung. Selain itu kandungan lain dari buah cokelat juga membantu mencegah diabetes.

Minuman buah cokelat ini ditargetkan secara khusus untuk orang-orang yang saat ini berusia 40 hingga 50 tahunan sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan. Namun sebenarnya minuman ini aman dikonsumsi semua kalangan.

Selain kandungan nutrisinya yang tinggi, minuman dari buah cokelat ini juga diklaim punya rasa yang segar dan enak. Sensasi rasa asam dari buah cokelat diolah sedemikian rupa hingga membuatnya tak kalah menggoda dari jus buah pada umumnya.



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com