7 Makanan Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Jika Tak Diolah dengan Tepat

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 10:06 WIB
Makanan yang Membahayakan Kalau Tak Diolah dengan Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kalau tidak diolah dengan cara yang tepat. Di antaranya kentang, pala hingga kerang.

Makanan harus diolah dengan cara yang tepat kalau ingin rasanya enak dan nutrisinya awet. Karena, ada beberapa makanan yang malah dapat membahayakan kesehatan kalau cara mengolahnya salah atau kurang tepat.

Dilansir dari MSN (21/10), ada beberapa makanan yang patut diperhatikan cara mengolahnya. Di antaranya bahkan makanan yang mudah ditemui dan umum dikonsumsi sehari-hari. Seperti ayam, kentang, hingga biji pala.

Berikut 7 makanan yang dapat membahayakan kalau tak diolah dengan tepat.

1. Ayam

Daging ayam merupakan daging unggas paling populer dikonsumsi. Makanan yang mengandung protein tinggi ini bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dibakar, hingga dijadikan sup.

Walaupun sepele, namun proses memasak ayam perlu diperhatikan. Pastikan ayam matang sempurna, agar tidak terkontaminasi bakteri seperti salmonella dan campylobacter. Setidaknya daging ayam harus matang dengan suhu 73 derajat celcius.

2. Telur

Makanan yang Membahayakan Kalau Tak Diolah dengan TepatMakanan yang Membahayakan Kalau Tak Diolah dengan Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur bisa diolah dengan beragam cara, namun banyak juga yang mengonsumsinya secara mentah. Walaupun ada beberapa jenis telur yang aman ketika dikonsumsi mentah, sebaiknya telur disantap dalam kondisi matang.

Karena, sudah ada banyak kasus terkait mengonsumsi telur mentah yang terinfeksi bakteri salmonella. Kalau ingin tetap mengonsumsi telur mentah, perhatikan jenisnya. Banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi telur asal Jepang seperti Mukashi Tamago.

Baca Juga: Resep Rendang Jengkol yang Pedas Gurih

3. Ikan Fugu

Makanan yang Membahayakan Kalau Tak Diolah dengan TepatMakanan yang Membahayakan Kalau Tak Diolah dengan Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak semua jenis seafood aman dikonsumsi, tapi masih banyak juga yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Seperti halnya ikan fugu atau ikan buntal.

Walaupun sudah terkenal membahayakan karena terdapat kandungan racun, sebagian orang Jepang masih mengonsumsinya. Tentu saja ikan fugu harus diolah dengan cara tepat agar aman dikonsumsi. Orang Jepang kerap mengonsumsinya sebagai sashimi. Hanya chef yang bersertifikat khusus yang bisa mengolahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com