Berhasil Racik Pakan yang Tepat, Peternak Sapi Raup Rp2,5 M per Bulan

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 13:00 WIB
Berhasil Racik Pakan yang Tepat, Peternak Sapi Raup Rp2,5 M per Bulan Foto: YouTube/PecahTelur
Jakarta -

Pakan merupakan hal yang krusial bagi sebuah peternakan. Berhasil temukan racikan pakan yang tepat, peternak ini sanggup raup omzet Rp2,5 M per bulan.

Racikan pakan yang tepat sangat memengaruhi perkembangan hewan ternak di kandang. Bobot hewan dan kualitas daging yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh racikan pakan yang diberikan oleh para peternak.

Jatuh bangun pasti sering dilalui para peternak dalam menghasilkan pakan yang tepat dan membantu hewan ternaknya menambah bobot dengan cepat. Ketika hewan ternaknya memiliki bobot yang baik maka akan mendatangkan harga jual yang sangat tinggi juga.

Ketika harga jual hewan ternak naik tentunya akan mendatangkan hasil yang berlimpah untuk para peternak. Maka tidak heran jika para peternak berlomba-lomba untuk menemukan racikan pakan yang tepat.

Baca juga: Berhenti Jadi Dosen, Wanita Ini Pilih Ternak Domba dengan Teknologi Canggih

Berhasil Racik Pakan yang Tepat, Peternak Sapi Raup Rp2,5 M per BulanBerhasil Racik Pakan yang Tepat, Peternak Sapi Raup Rp2,5 M per Bulan Foto: YouTube/PecahTelur

Kisah keberhasilan seorang peternak menemukan pakan yang tepat ini salah satunya pernah diunggah pada akun YouTube @PecahTelur. Sunarto, seorang peternak asal Tretek, Tulungagung ini telah berhasil menemukan racikan yang tepat untuk sapi-sapinya.

"Perlu saya sampaikan, pakan itu tidak harus yang mahal-mahal. Sebetulnya kita harus berpikir alternatif apa yang memiliki nutrisi kurang lebih sama tetapi dengan harga yang lebih ringan. Karena di ternak ini fokus utama setelah kandang dan sapi adalah bagaimana kita memanage pakan seminim mungkin dengan nutrisi yang cukup," kata Sunarto.

Hal ini memang menjadi perhatian besar Sunarto. Sejak awal memiliki kandang sapi dan beberapa ekor sapi, dirinya sudah memikirkan matang-matang terkait pengelolaan pakan hewan ternak yang akan diberikannya.

Memikirkan matang-matang biaya yang dibutuhkan untuk makan menjadi perhatian yang benar-benar ditekankan pada kandang sapi Sunarto. Sunarto menyampaikan bahwa kegagalan mengelola pakan dengan baik akan menjadi kegagalan awal bagi sebuah peternakan.

Berhasil Racik Pakan yang Tepat, Peternak Sapi Raup Rp2,5 M per BulanBerhasil Racik Pakan yang Tepat, Peternak Sapi Raup Rp2,5 M per Bulan Foto: YouTube/PecahTelur

"Masalahnya apa? 70% hingga 80% cost atau biaya yang dikeluarkan untuk peternakan ini semuanya ada di pakan," kata Sunarto.

Komposisi berupa protein, serat kasar, lemak kasar, kemampuan serap pakan oleh ternak hingga energi menjadi hal-hal penting yang menurut Sunarto harus ada dalam racikan pakan. Menggunakan sembilan macam bahan tertentu seperti kulit kopi, tepung jagung, dan berbagai bahan lainnya, Sunarto juga menggunakan jamu sebagai racikan untuk membantu menggemukan sapi-sapi di kandang ternaknya.

Setiap pemberian pakan hewan ternaknya, Sunarto menghabiskan biaya hingga Rp1 juta per harinya. jika dihitung-hitung selama sebulan Sunarto harus menghabiskan hingga Rp30 juta hanya untuk pakan sapi-sapi yang dirawatnya di kandang.

Namun pengeluaran yang cukup besar juga diimbangi dengan hasil yang tidak mengecewakan. Menurut pengakuan Sunarto, setiap bulan dirinya bisa menjual hingga 100 ekor sapi per bulannya. Hasil dari penjualan 100 ekor sapi tersebut diakui oleh Sunarto dapat mendatangkan omzet sebanyak Rp2,5 miliar per bulannya.

Sayangnya, tidak setiap bulan sapi-sapi pak Sunarto laku hingga 100 ekor. Ada kalanya sapinya hanya laku sebanyak 20 ekor per bulan. Namun walaupun hanya 20 ekor sapi, Sunarto tetap bisa menerima omzet hingga Rp500 juta per bulannya.

Baca juga: Kisah Sukses Alumni IPB Ternak Sapi hingga Raih Omzet Rp20 Miliar!



Simak Video "Nasi Pincuk Ayam Lodho Suwir dari Tulungagung Pecahkan Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com