'Split Bill' Saat Makan Bareng di Kencan Pertama Jadi Topik Hangat di Twitter

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 22 Okt 2021 18:00 WIB
Close up image of a couple having dinner in fine dining restaurant. Foto: iStock
Jakarta -

Perkara split bill, atau patungan saat makan di kencan pertama topik yang satu ini jadi perbincangan bahkan mengundang pro dan kontra di Twitter.

Setiap harinya banyak topik hingga kejadian viral yang menarik perhatian di Twitter bahkan sampai menjadi trending topic. Baru-baru ini banyak pengguna Twitter yang sibuk memperdebatkan tentang etika ketika kencan pertama.

Berawal dari cuitan pengguna Twitter @tikotapic**. (22//10), pria yang disapa Jay ini merasa tidak terima saat dituduh pelit, hanya karena dia meminta 'split bill' atau patungan saat makan bareng dengan teman wanitanya di Twitter.

"Halo gue orang yang dimaksud dari Tweet masnya. Mau kasih klarifikasi kalau total bill di GIOI Rp 329.000, belum ditambah Toby Estate (kafe) sebesar Rp 88.000, ini total bill (tagihan) berdua," jelas Jay, sambil melampirkan bukti transaksi di kartu debitnya.

Baca Juga: So Sweet! Cowok Ini Tak Izinkan Pacarnya Lihat Bon Tagihan Makan


Tidak jelas berawal dari mana, namun kisruh tentang split bill saat makan ini bermula ketika Jay mengajak kenalannya di Twitter yaitu @macc** untuk nongkrong bareng.

GIOI Urban Farm PIK2GIOI Urban Farm PIK2 Foto: detik

Jay mengikuti kemauan Macc yang mau makan di restoran GIOI. Mereka pun setuju untuk bertemu di sana, sebelumnya mereka juga mampir ke kafe Toby Estate untuk membeli minuman.

"Selama gue ngajak orang makan, apalagi pertama kali ketemu. Common sense yang gue anut adalah, kamu bayar apa yang kamu mau dengan catatan bagi rata dengan orang tersebut," sambung Jay sambil melampirkan bukti chat dengan Macc lewat DM Twitter, bahwa keduanya mengenal lewat media sosial dan makan di GIOI merupakan pertemuan pertama mereka.

"Sebelum makan di GIOI kita nunggu antrian di Toby's Estate dan pesen minuman. Gue pesen Iced Long Black Americano (Rp 35.000) dan Macc pesen Ice Peach (Rp 45.000) minus tax, toalnya Rp 88.800," ungkap Jay.

Sementara untuk menu makanan yang mereka pesan di GIOI, keduanya setuju untuk memesan porsi sharing. Mereka memesan Balado Escargot (Rp 90.000) dan Pork Cheek (Rp 150.000), serta Macc memesan Lychee Tea (Rp 42.000), lengkap dengan biaya pajak dan jasa sebesar Rp 56.000.

Closeup woman checking the price of foods on the bill after meal in the restaurantSplit Bill Foto: Getty Images/iStockphoto/patpitchaya

Totalnya Jay menghabiskan uang Rp 310.000 di GIOI, ia pun meminta Macc membayar menu minuman yang dipesan serta patungan bayar makanan yang mereka makan.

Macc memang membayar sekitar Rp 150.000, tapi setelah itu Jay mulai mendapatkan komplain dan makian dari teman-teman Macc di Twitter yang menganggapnya pelit, karena tidak mau membayar makanan Macc di kencan pertama mereka. Meskipun Jay membela diri bahwa itu bukan kencan, melainkan hanya pertemuan biasa.

Karena kisruh ini lah banyak netizen di Twitter yang terbagi dalam dua kubu. Ada yang membela Jay dan mengatakan bahwa split bill atau bayar makanan masing-masing merupakan hal yang lumrah dalam hubungan asmara.

Ada juga yang mengkritik Jay terlalu pelit bahkan tak modal, karena berani mengajak wanita kencan dan makan di restoran tapi tidak mau membayarinya.

"Anjir gue ngakak banget. Norak banget ya ngeributin masalah split bill sampai ramai kemana-mana? Kenapa si ceweknya juga minta uangnya balik deh? Kan dia bayarnya juga bagian yang memang dia makan dan minum. Kalau emang ilfeel, ya gak usah jalan bareng lagi. Repot banget sampai ribut di sosmed," kritik @oxy**.

GIOI : Santap Bebek Goreng Premium dan Lodeh Salmon di Resto InstagramableIlustrasi Makan di GIOI. Foto: detikFood/Devi S. Lestari

"Buat cewek kalau diajak first date inisiatif lah sendiri buat split bill. Kalau dia ngajak di resto mewah, tinggal bilang belum gajian. Kalo dia jawab mau traktir yaudah gas," saran @gatau**.

"Aku sebagai laki-laki ngerasa yang bertanggung jawab pas first date, kalau gak mau split bill setidaknya aku ngeluarin nominal yang agak gedean. Misal total Rp 150.000 aku kasih ke dia Rp 100.00, dan suruh bayar sisanya itu lebih aman sih menurut aku," komen @saadbo**.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada. Pembagian biaya makan atau minum ketika kencan memang masih menjadi isu yang sensitif bagi beberapa pasangan.

Sampai saat ini cuitan klarifikasi dari Jay sudah mendapatkan lebih dari 8,2 ribu kali, diretweet sebanyak 10,5 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1,8 ribu komentar.

Baca Juga: Pacar Makan Lebih Banyak, Wanita Ini Ogah Patungan Bayar Bon Makanan



Simak Video "Kehebohan BTS Meal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com