Keren! Ada Koin Gambar Makanan Kaki Lima yang Hits di Singapura

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 21 Okt 2021 18:30 WIB
Keren! Ada Koin Gambar Makanan Kaki Lima yang Hits di Singapura Foto: Mothership
Jakarta -

Abadikan budaya kuliner kaki lima di Singapura, kini ada koin cantik berisi aneka makanan hingga penjual kaki lima yang populer di Singapura.

Punya budaya kaki lima atau hawker centre yang mirip seperti di Indonesia hingga Malaysia. Baru-baru ini organisasi Monetary Authority of Singapore (MAS), merilis koleksi koin terbaru yang mengusung konsep budaya makanan kaki lima di Singapura.

Dilansir dari Mothership (21/10), MAS resmi merilis koin dengan tema makanan kaki lima. Sebagai perayaan budaya kuliner kaki lima Singapura, yang masuk ke dalam daftar UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity pada akhir tahun 2020.

"Koin-koin ini di desain menggunakan tiga elemen yang ada di budaya kuliner kaki lima Singapura. Pertama ada master kuliner yaitu para penjual makanan kaki lima, kemudian refleksi tentang keberagaman sosial, serta bagaimana kuliner kaki lima ini menjadi ruang makan yang terbuka bagi semua kalangan," jelas MAS.

Keren! Ada Koin Gambar Makanan Kaki Lima yang Hits di SingapuraKeren! Ada Koin Gambar Makanan Kaki Lima yang Hits di Singapura Foto: Mothership

Baca Juga: Hawker Center, Pusat Jajanan Kaki Lima Tersohor di Dunia dari Singapura

Misalnya desain koin yang dipenuhi banyak penjual makanan kaki lima tengah memasak berbagai jenis makanan populer di Singapura. Seperti Hokkien Mee, nasi lemak, roti prata, rujak khas India, dan kaya toast.

Kemudian ada juga koin yang menunjukkan banyak pembeli tengah asyik menyantap makanan di sana. Semua koin ini nantinya dilengkapi dengan sertifikat yang menjamin keasliannya.

MAS merilis dua jenis koin yang berbeda. Pertama koin dengan nuansa zinc, dan satu lagi koin berwarna silver yang berwarna di sisi sampingnya. Karena sifatnya terbatas, koin berisi kuliner kaki lima ini sudah bisa dipesan atau Pre-Order hingga tanggal 20 Oktober 2021 mendatang. Koin ini akan resmi dirilis ke pasaran apda tanggal 12 November 2021.

Keren! Ada Koin Gambar Makanan Kaki Lima yang Hits di SingapuraKeren! Ada Koin Gambar Makanan Kaki Lima yang Hits di Singapura Foto: Mothership

Walau seperti pajangan biasa, tapi koin ini memiliki nilai setara dengan SGD 2 (Rp 20.000). Nantinya akan ada 10,000 koin yang dijual. Kisaran per koinnya sekitar SGD 25 (Rp 262.000).


Sementara untuk versi koin silver yang berwarna, koin ini memiliki nilai SGD 5 (Rp 52.000), dan akan dijual di harga SGD 138 (Rp 1,4 juta) per koinnya. Sementara untuk harga paket koin berisi dua buah koin, kisaran harganya dari SGD 158 (Rp 1,6 juta).

Baca Juga: Pertama Kali Pesan Pizza, Bocah Ini Bayar dengan Sekantong Uang Receh



Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com