Sushi Tak Habis Dimakan? Begini Cara Aman Menyimpan Sisanya

Devi Setya - detikFood Kamis, 21 Okt 2021 13:00 WIB
Sushi Tak Habis Dimakan? Begini Cara Aman Menyimpan Sisanya Foto: Getty Images/iStockphoto/RapidEye
Jakarta -

Jangan langsung membuang sushi sisa kalau tak habis dimakan. Sushi bisa disimpan hingga 24 jam asalkan menerapkan cara menyimpan yang benar.

Banyak orang memutuskan langsung membuang sushi sisa ketika sudah kenyang melahapnya. Padahal sebenarnya sushi masih bisa disimpan dan aman dimakan ketika perut sudah lapar kembali. Jadi jangan memutuskan untuk langsung membuangnya, apalagi untuk varian sushi favorit.

Dilansir dari Mashed (21/10) banyak penggemar sushi yang kalap mata saat memesan makanan. Ketika perut sudah merasa kenyang, ternyata sushi masih tersisa dalam jumlah banyak. Sebagian besar orang akan meninggalkan sushi begitu saja karena kualitasnya yang akan menurun.

Sushi Tak Habis Dimakan? Begini Cara Aman Menyimpan SisanyaSushi Tak Habis Dimakan? Begini Cara Aman Menyimpan Sisanya Foto: Getty Images/iStockphoto/RapidEye

Padahal, sushi sisa masih bisa disimpan dan aman dikonsumsi. Sushi idealnya bisa disimpan hingga 24 jam. Menurut Spoon University, sushi dan sashimi harus disimpan dalam suhu dingin. Terutama untuk varian sushi yang mengandung bahan mentah seperti irisan ikan salmon atau tuna segar.

Sushi ini bisa langsung ditaruh dalam wadah kedap udara dan kedap air. Untuk hasil maksimal, pastikan wadah tidak dalam keadaan basah, pastikan wadah penyimpanan benar-benar dalam keadaan kering sebelum digunakan untuk menyimpan sushi.

Wadah yang kering meminimalisir perkembangan bakteri yang menjadi faktor utama rusaknya kualitas sushi. Kemudian tempatkan wadah ini di dalam lemari es atau chiller dengan suhu tidak kurang dari 5 derajat Celcius.

Dengan demikian sushi tetap aman dikonsumsi keesokan harinya. Tapi perlu diperhatikan, cara ini hanya direkomendasikan untuk menyimpan sushi selama kurang lebih 24 jam. Artinya kamu bisa menyantapnya keesokan hari sebagai menu sarapan atau camilan sebelum makan siang.

Sushi Tak Habis Dimakan? Begini Cara Aman Menyimpan SisanyaSushi Tak Habis Dimakan? Begini Cara Aman Menyimpan Sisanya Foto: Getty Images/iStockphoto/RapidEye

Semakin lama sushi disimpan maka kesegarannya akan menurun. Terlebih lagi untuk sushi gulung yang dilengkapi saus dan sayuran. Bukan hanya jadi tidak segar, sushi yang disimpan terlalu lama juga akan menjadi basi dan menyebabkan masalah kesehatan jika nekat dimakan.

Sushi sebenarnya tergolong makanan segar yang harus segera dikonsumsi saat sudah siap, bukan makanan yang bisa dijadikan stok. Itulah sebabnya banyak restoran sushi yang membuat sushi ini secara dadakan agar kualitas dan kesegarannya terjamin.



Simak Video "Menyantap Sushi di Warung Kaki Lima, Harganya Rp 10 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com