Eks Pegawai KPK Tata Khoiriyah Jual Garlic Bread, Begini Rasanya

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 19:30 WIB
Mencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata Khoiriyah Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Gagal lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tata Khoiriyah kini sukses jualan garlic bread. Berawal dari coba-coba, dirinya berhasil sajikan roti lembut yang gurih nikmat.

Puluhan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diberhentikan setelah gagal lolos mengerjakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Beberapa diantaranya adalah Juliandi Tigor Simanjuntak, Hotman Tambunan dan Tata Khoiriyah.

Tidak patah semangat, ketiga eks pegawai KPK ini kini memulai bisnis kuliner yang dirintisnya dari nol. Belajar secara otodidak hingga menseriusi hobi menjadi modal dasar ketiga eks pegawai KPK ini memulai bisnis kuliner sebagai karier yang baru.

Tata Khoiriyah sebelumnya mengampu jabatan terakhir sebagai Fungsional/Humas Muda. Sampai pada bulan Mei 2021 lalu, dirinya menerima Surat Keputusan 652 yang secara resmi memberhentikan dirinya dari posisi pekerjaan yang telah dijalaninya selama beberapa tahun ke belakang.

Mencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata KhoiriyahMencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata Khoiriyah Foto: detikcom/Diah Afrilian

Sempat merasakan tak bisa keluar rumah pada awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Tata memutuskan untuk belajar baking dan membuat kue sambil mengisi waktu luangnya. Ia mengaku awalnya tidak ada pikiran untuk menseriusi hobinya ini karena ia akan tetap fokus pada pekerjaan yang dijalaninya.

Baca juga: Selain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic Bread

Namun setelah dinyatakan gagal Tes Wawasan Kebangsaan dan dinonjobkan, ia merasa ilmu baking dan membuat kue yang dimilikinya sangat dapat dimanfaatkan. Mendalami baking dan membuat kue dilakukan Tata bahkan hingga belajar dengan ahlinya seperti Fatmah Bahalwan.

Resep-resep yang dipelajarinya ini kemudian diberikan kepada beberapa orang temannya untuk dicicipi. Mendapatkan respon baik terhadap resep cinnamon roll dan garlic bread, akhirnya Tata memilih untuk menerima pesanan garlic bread dan cinnamon roll serta kue-kue lainnya setelah diberhentikan dari pekerjaannya.

Mencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata KhoiriyahMencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata Khoiriyah Foto: detikcom/Diah Afrilian

"Garlic bread dan cinnamon roll ini adalah resep-resep awal yang berhasil saya buat dan dapat apresiasi dari teman-teman terdekat. Karena banyak yang suka, saya iseng-iseng buka order kecil-kecilan yang saya lakukan setiap weekend. Tapi dulu cuma keisengan belaka," kata Tata kepada detikfood (17/10).

detikfood memesan beberapa buah garlic bread buatan Tata (19/10). Dikemas rapi dalam kotak, saat dibuka aroma gurih wangi dari garlic bread tercium kuat dan langsung menggugah selera.

Dibanderol seharga Rp23 ribu per buahnya, garlic bread buatan Tata ini begitu padat isian. Rotinya yang lembut juga dikatakan oleh Tata dibuat sendiri olehnya. Terlebih campuran nikmat antara cream cheese dan siraman garlic butternya berpadu sempurna memberikan rasa gurih dan aroma yang begitu sedap.

Mencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata KhoiriyahMencicipi Garlic Bread Homemade Buatan Eks Pegawai KPK, Tata Khoiriyah Foto: detikcom/Diah Afrilian

Isian cream cheese yang ada pada garlic breadnya juga begitu padat hingga menutupi seluruh rongga-rongga bagian tengah roti. Taburan oregano yang melimpah juga membuat garlic bread buatan Tata tidak terlalu kuat aroma bawang putihnya. Tambahan oregano ini menurut kami menyiembangkan aroma menyengat dari bawang putih di dalam rotinya.

Jika penasaran ingin mencicipinya, kamu bisa memesannya secara online. Garlic bread buatan Tata bisa dipesan melalui akun Instagram @cakeclub.co.id atau melalui nomor WhatsApp yang tertera pada bio Instagramnya.

Baca juga: Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK Punya Kedai Kopi 'Tabe Coffee', Ini Faktanya!



Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com