Selain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic Bread

Diah Afrilian - detikFood Senin, 18 Okt 2021 11:30 WIB
Selain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic Bread Foto: Instagram/tatakhoiriyah
Jakarta -

Puluhan pegawai KPK diberhentikan karena tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Selain Bang Tigor yang jualan nasi goreng, ada Tata Khoiriyah yang sukses jualan kue dan roti.

Puluhan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diberhentikan secara sepihak dengan alasan gagal menjalani Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK. Baik mereka yang baru bekerja maupun yang sudah bekerja belasan tahun, terpaksa dirumahkan hanya karena suatu tes yang dijadikan sebagai pedoman kelayakan kerja.

Ternyata banyak sekali orang-orang hebat eks pegawai KPK yang berhasil berdiri kembali dengan menjalankan beberapa bisnis kuliner. Siapa yang menyangka alih profesi sebagai pebisnis kuliner justru mendatangkan kesuksesan yang baru bagi mereka.

Salah satunya adalah Tata Khoiriyah. Tata merupakan salah satu dari 57 pegawai KPK yang diberhentikan karena tak lolos mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan. Menggunakan kemampuannya untuk baking dan membuat kue, dirinya kini justru banjir pesanan.

Baca juga: Ex Pegawai KPK Tigor Simanjuntak Jual Nasi Goreng Rp 10 Ribu, Ini Kisahnya

Selain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic BreadSelain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic Bread Foto: Instagram/tatakhoiriyah

Sebelum diberhentikan, jabatan terakhir Tata adalah Fungsional Spesialis Humas Muda. Sampai akhirnya dirinya menerima SK 652 yang menyatakan bahwa secara resmi Tata telah diberhentikan dari pekerjaan dan posisi yang selama ini diampunya.

"Awalnya sih saya belajar baking sejak awal pandemi masuk di Indonesia. Karena kebijakan PSBB di tahun 2020 membuat saya nggak bisa keluar setiap weekend. Jadi saya kepikiran untuk beli oven dan belajar buat kue," kata Tata kepada detikcom (17/10).

Memiliki hobi baking dan membuat kue, Tata sebelumnya tidak berpikir untuk menekuninya dengan serius. Berawal dari mengisi waktu luang saat PSBB 2020 lalu, ia mulai belajar membuat berbagai jenis kue. Siapa sangka, ternyata kue buatannya yaitu Cinnamon Roll dan Garlic Bread menjadi kue yang paling disukai oleh teman-teman yang mencicipinya. Akhirnya ia mulai serius menekuni hobinya setelah dinyatakan tak lagi menjadi pegawai KPK.

"Sampai pada akhirnya ketika saya mendapat SK 652 yang menonjobkan saya sejak bulan Mei, saya memutuskan untuk serius dengan hobi masak kue ini. Jadi saya berlatih dengan resep-resep kue kering dan mulai buat manajemen bisnis kecil-kecilan," lebih lanjut Tata menjelaskan.

Tata juga mengungkapkan resep-resep yang dikembangkannya didapatkan dari berlatih dengan ahli pembuat kue, Fatmah Bahalwan, belajar dari Internet dan YouTube hingga mempelajari resep keluarga turun temurun. Membeli oven sederhana untuk membuat kue di rumah ternyata menjadi jalan pembuka kesuksesan yang baru untuk Tata.

Selain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic BreadSelain Bang Tigor, Ex Pegawai KPK Tata Khoiriyah Kini Jualan Garlic Bread Foto: Instagram/tatakhoiriyah

Dipasarkan melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram, pesanan Korean garlic bread skala kecil milik Tata ini seringkali kebanjiran pesanan. Jika ingin mencicipinya kamu harus memesannya dari jauh-jauh hari karena slot yang tersedia tidak banyak.

Bahkan tidak jarang slot untuk satu minggu bisa-bisa sudah habis sejak minggu sebelumnya. Terutama di Twitter, banyak sekali warganet hingga tokoh-tokoh terkenal yang kerap memborong garlic bread buatan Tata.

Hanya melalui foto-foto yang diunggah, Korean garlic bread buatan Tata ini memang terlihat begitu menggugah selera. Olesan garlic butter yang mengilap hingga isian yang padat berhasil membuat orang-orang yang melihatnya saja sudah ngiler!

Kalau mau mencicipinya, kamu bisa menghubungi Cake Club pada akun Instagram @cakeclub.co.id atau melalui nomor WhatsApp yang tertera pada bio Instagramnya.

Baca juga: Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK Punya Kedai Kopi 'Tabe Coffee', Ini Faktanya!



Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com