Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai!

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 15 Okt 2021 15:33 WIB
Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald’s Bisa dari Perahu di Atas Sungai! Foto: People
Jakarta -

Tak terhitung berapa banyak dan ribuan cabang McDonald's di seluruh dunia. Tapi pastinya cuma di Jerman, orang-orang bisa pesan McDonald's pakai perahu di atas sungai.

Jadi restoran cepat saji dengan ratusan ribu cabang yang tersebar di seluruh dunia. Konsep drive-thru, atau pesan makanan lewat kendaraan memang hal yang umum dan lumrah di setiap gerai McDonald's.

Dilansir dari People (15/10), hal berbeda justru tampak dari McDonald's yang berada di Hamburg, Jerman. Mengusung konsep yang unik dan tak biasa. Orang-orang bisa mendapatkan pengalaman baru, memesan makanan di McDonald's tapi dari sungai menggunakan perahu kayu yang mengalir di sekitar gerai McDonald's di sana.

Hanya di gerai inilah, orang-orang bisa naik ke dalam McBoat. Sejenis perahu kayu yang disiapkan oleh McDonald's di Hamburg. Nantinya para pembeli bisa bersantai dan mengarungi sungai Elbe, sambil memesan menu makanan McDonald's lewat perahu.

Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai!Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai! Foto: People

Konsepnya sama persis seperti drive-thru, hanya saja ini menggunakan perahu kayu dan harus menyusuri sungai dulu. Konsep McDonald's yang satu ini, hanya ada di Hamburg dan satu-satunya di dunia.

Lewat tur virtual yang diberikan YouTuber bernama Tom Scott, ia menunjukkan beberapa tempat aneh dan unik dalam setiap perjalanannya. Termasuk gerai McDonald's di aliran sungai Elbe ini yang menarik perhatian banyak orang.

Menurut informasi yang tersedia, sebenarnya McDonald's sungai ini sudah berdiri sejak tahun 2015. Memang layanan paddle-through atau pesan dari sungai ini selalu ditutup setiap musim dingin, karena permukaan sungai yang membeku menjadi es.

"Tapi di musim semi atau musim panas, restoran ini buka selama 24 jam setiap harinya. Orang-orang sangat bahagia bisa berkunjung dan makan di sini. Kebanyakan mereka ke sini setelah melihat video atau membaca tentang restoran ini di Instagram. Jadi memang para pengunjung selalu ingin memesan via sungai," ungkap Andrian Dudziak, selaku manajer restoran McDonald's di Hamburg tersebut.

Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai!Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai! Foto: People

Untuk memfasilitasi area pemesanan di sekitar sungai. Pihak McDonald's memasang speaker di area dock atau dermaga perahu yang mirip seperti speaker di drive-thru McDonald's pada umumnya. Selain itu kini para pengunjung dengan mudah bisa memesan makanan mereka lewat ponsel, baru diambil menggunakan perahu.

Selain itu untuk keamanan, para pegawai di McDonald's juga bisa mengawasi perahu pengunjung yang datang dari kamera yang ada di area dermaga. Sementara ada juga petugas yang khusus membawakan makanan keluar menuju dermaga sambil mengucapkan sapaan mereka dalam bahasa Jerman.

Jika membicarakan tentang menu makanan. Memang menu makanannya sama dan mirip seperti di McDonald's cabang lainnya, terutama di area Jerman. Salah satu menu andalannya ada burger khusus vegan, kemudian ada menu Kartoffel Dippers dengan saus Heatwave yang pedas, sampai menu dessert sejenis smoothie dari buah nanas dan mangga.

Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai!Cuma di Hamburg, Pesan Menu McDonald's Bisa dari Perahu di Atas Sungai! Foto: People

"Satu yang saya pelajari dari membuat video tur ini selama bertahun-tahun adalah, kebanyakan orang suka dengan kombinasi tempat yang menggabungkan hal yang baru dengan sesuatu yang sudah familiar," sambung Scott.

"Jika semua konsep restoran berubah, pasti orang-orang tidak akan suka. Tapi begitu juga sebaliknya, jika restoran konsepnya itu-itu saja orang juga akan pergi karena bosan," puji Scott yang memuji konsep unik dari gerai McDonald's di sungai ini.

Sebelumnya hadir juga gerai McDonald's yang tak kalah unik, seperti McDonald's di kota Fuzhou, yang disebut sebagai McDonald's dengan gerai termewah di China meski lokasinya cukup terpencil.

Baca Juga: Kece! Tempat Ini Dinobatkan Sebagai Gerai Termewah McDonald's di China" selengkapnya



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com