Croissant Klasik & Kekinian

5 Kreasi Croissant Kekinian yang Viral dan Wajib Dicicipi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 14 Okt 2021 13:30 WIB
5 Kreasi Croissant Kekinian yang Viral dan Wajib Dicicipi Foto: detikfood
Jakarta -

Meski croissant klasik tak kehilangan penggemar, munculnya croissant kekinian juga membuat siapapun tergoda mencicipi. Mulai dari croffle hingga croissant bicolor yang viral.

Croissant adalah pastry klasik Prancis yang konon sudah ada sejak abad 19. Bentuknya khas, mirip bulan sabit, dengan lapisan berongga di dalamnya.

Sampai sekarang, croissant diminati pencinta pastry karena rasa dan teksturnya yang puaskan selera. Dimakan dengan butter saja sudah sangat nikmat.

Seiring waktu, kreasi croissant terus berkembang. Croissant 'dikawinkan' dengan berbagai makanan lain hingga menjadi food hybrid yang viral. Sebut saja cronut yang dipopulerkan Dominique Ansel.

Lalu sekarang ada croffle yang menjamur dimana-mana. Croffle ditawarkan di berbagai tempat, dengan kisaran harga terjangkau hingga premium. Tren croffle bisa dibilang masih 'happening' sampai sekarang.

Berikut 5 kreasi croissant kekinian yang viral:

1. Cronut

5 Kreasi Croissant Kekinian yang Viral dan Wajib Dicicipi5 Kreasi Croissant Kekinian yang Viral dan Wajib Dicicipi Foto: Instagram dominiqueansel

Menyebut croissant kekinian tak bisa meninggalkan cronut yang dipopulerkan pastry chef Dominique Ansel pada 2013. Food hybrid ini jadi perbincangan dunia, bahkan sampai membuat nama Dominique Ansel melambung tinggi dan berhasil membuka bakery di berbagai negara.

Cronut adalah perpaduan croissant dan donat. Bentuknya serupa donat, namun menggunakan adonan croissant yang renyah di luar dan lembut di dalam. Cronut hadir pertama kali dalam pilihan rasa rose vanilla. Butuh waktu 2 bulan untuk Ansel menemukan komposisi resep cronut yang pas.

Ansel kemudian mengkreasikan cronut dengan pilihan rasa lain. Setelah rose vanilla, muncul rasa lemon maple, blackberry lime dan aneka rasa lainnya. Terbaru, mengintip Instagram dominiqueansel (29/9/21), ia memperkenalkan Salted Pretzel & Milk Chocolate Cronut yang merupakan kreasi untuk bulan Oktober di gerai SoHo, New York.

Sayangnya sampai saat ini, cronut asli buatan Ansel belum bisa dicicipi di Indonesia. Bakery-nya hanya ada di New York dan Hong Kong. Sebelumnya ada cabang di Shibuya, Jepang, namun kini sudah tutup permanen.

Baca Juga: Kisah Cronut yang Dibuat Tahun 2013 dan Baru Populer di Tahun 2019

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com