Croissant Klasik & Kekinian

5 Ciri Croissant yang Bagus, Penampangnya Membentuk 'Sarang Tawon'

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 13 Okt 2021 13:15 WIB
Ciri-ciri croissant yang bagus kualitasnya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Croissant kembali menjadi tren di dunia pastry. Croissant yang bagus dan enak memiliki beberapa ciri khas. Seperti adonan mengembang dan penampangnya membentuk 'sarang tawon'.

Croissant, salah satu jenis pastry Prancis yang populer di dunia. Pastry berbentuk tapal kuda atau bulan sabit ini bentuknya mengembang, ringan dengan rongga-rongga pada adonannya. Biasanya croissant untuk teman ngopi.

Meskipun tidak mudah cara membuatnya tetapi pastry ini justru jadi tantangan banyak pastry chef di dunia. Croissant justru menjadi hybrid pastry. Dipadukan dengan donat menjadi cronut dan dicetak dengan cetakan waffle menjadi croffle. Bahkan dibentuk segi empat menjadi croissant cube.

Walaupun croissant banyak ditawarkan oleh toko roti, namun ternyata tak semuanya enak. Ada yang kempes, tidak kokoh dan renyah melainkan alot atau liat dan hambar rasanya. Lantas, apa saja ciri-ciri croissant yang bagus dan enak?

Dilansir dari A Hedhehog In The Kitchen (18/4), croissant yang enak memiliki 5 ciri khas. Mulai dari adonan yang mengembang hingga menggunakan banyak mentega.

Berikut ini 5 ciri croissant yang bagus kualitasnya.

1. Adonan Mengembang

croissantcroissant Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Croissant klasik memiliki bentuk melengkung seperti bulat sabit. Selain melengkung, croissant yang bagus juga harus memiliki adonan yang mengembang. Ini karena adonan croissant memakai ragi sehingga fermentasi membuat pastry ini mengembang.

Bentuk adonan yang mengembang membuat tampilannya jadi kokok seklaigus ringan. Itu berarti bahwa adonan telah dilipat berulang-ulang untuk menciptakan lapisan yang sempurna. Croissant yang sempurna tidaklah kaku dan keras, melainkan harus sedikit mulur, mengembang ringan, dan lembut.

2. Teksturnya belapis-lapis

Ciri-ciri croissant yang bagus kualitasnyaCiri-ciri croissant yang bagus kualitasnya Foto: Getty Images/iStockphoto

Mentega juga digunakan untuk membuat croissant. Karena, mentega dapat membuat tekstur croissant menjadi lebih empuk dan rasanya gurih.

Mentega harus ditaruh merata di setiap lapisan adonan croissant sebelum dilipat berulang kali. Mentega tak hanya dapat memengaruhi tekstur dan rasanya, tapi juga aromanya jadi lebih harum.

Namun, untuk sebagian orang yang tak mennyukai mentega, ada pilihan untuk menikmatinya. Biasanya toko roti Prancis akan membedakan croissant dalam 2 tipe yaiu 'ordainaire (kurang mentega' dan 'au beurre (mentega)'.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Croissant yang Bagus Menurut Dominique Ansel

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Krenyes Manis Croffle, Paduan Croissant dan Waffle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com