Akan Dihidupkan Kembali, Ini 5 Fakta Restoran Rindu Alam yang Menarik

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Okt 2021 14:30 WIB
rindu alam puncak Foto: istimewa
Jakarta -

Restoran Rindu Alam di kawasan Puncak, Bogor, tahun lalu resmi ditutup. Tapi kini ada kabar bahwa kawasan ini akan dihidupkan kembali. Di mana Rindu Alam punya banyak sejarah menarik.

Pada awal tahun 2020 lalu, kabar tentang ditutupnya Restoran Rindu Alam di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat meninggalkan berbagai kenangan untuk banyak orang.

Meski hanya sebuah restoran, tapi lokasinya yang berada persis di area kebun teh yang dingin dan sejuk, membuat Rindu Alam menjadi kawasan wisata paling ikonik dan terkenal di Bogor sejak tahun 1980-an.

Baru-baru ini Pemprov Jawa Barat mencanangkan bahwa mereka akan menghidupkan lagi kawasan Rindu Alam, yang sempat mati suri selama setahun lebih.

Ada banyak fakta hingga sejarah menarik dibalik berdirinya Restoran Rindu Alam, yang menyajikan aneka hidangan khas Indonesia, lengkap dengan pemandangan gunung dan kebun teh yang indah.

Berikut 5 fakta RM Rindu Alam dari sejarah hingga menunya.

Baca Juga: Banyak Kenangan Tertinggal di Restoran Rindu Alam Puncak


1. Dihidupkan Kembali oleh Pemprov Jabar

Restoran Rindu AlamRestoran Rindu Alam Foto: Restoran Rindu Alam

Menurut Wakil Guber Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, ia menjelaskan bahwa pemanfaatan kembali area wisata di sekitar Rindu Alam tentu saja sangat memungkinkan. Namun tentunya semua pengembalian ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Apalagi di era pandemi, di mana banyak peraturan sampai regulasi yang harus diterapkan jika area wisata di sekitar restoran Rindu Alam akan kembali dibuka.

"Kami Pemda Provinsi Jabar ingin berusaha memanfaatkan kembali daerah wisata Rindu Alam ini untuk meningkatkan PAD," ujar Uu (12/10).

Rindu Alam direncanakan akan dibuka kembali dengan konsep baru, yang berbeda dengan sebelumnya. Di mana akan ada restoran yang menyajikan makanan berat, kafe, sampai pujasera atau sentra kuliner untuk wisatawan.

2. Awal Mula Rindu Alam Berdiri

rindu alam puncakrindu alam puncak Foto: istimewa

Jauh sebelum Rindu Alam dikenal sebagai tempat atau ikon wisata paling ikonik dan legendaris di Puncak. Tempat ini pertama kali didirikan di tahun 1970-an, saat itu restoran ini dibangun oleh Letjen TNI Ibrahim Adjie.

Dengan tujuan agar para wisatawan bisa menikmati aneka makanan dengan pemandangan alam Puncak yang spektakuler.

Kemudian di tahun 1980, barulah Restoran Rindu Alam dibuka untuk umum. Saat itu masih jarang restoran yang berada di ketinggian. Restoran Rindu Alam berhasil menarik minat pengunjung, karena tempatnya berada di 1.444 meter di atas permukaan laut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Santai di Halaman Rumah Sambil Makan Tilapia Bakar Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com