Bikin Nasi Biryani Campur Sayuran, Wanita Ini Sebut Biryani China

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Okt 2021 15:30 WIB
Bikin Nasi Biryani Campur Sayuran, Wanita Ini Sebut Biryani China Foto: Foodndtv
Jakarta -

Nasi biryani populer sebagai makanan khas Timur Tengah tapi seorang wanita menyebut nasi biryani versi China karena ditambah sayuran. Netizen ada yang menyebut makanan ini aneh.

Nasi biryani identik sebagai sajian olahan nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. Aroma dan rasa nasi biryani harum dan gurih rempah. Biasanya dimakan dengan tambahan daging kambing atau ayam panggang.


Dilansir dari Food NDTV (11/10) seorang wanita membuat nasi biryani dengan versi berbeda. Ia mencampur berbagai sayuran dalam nasi biryani buatannya lalu menyebut masakan ini sebagai nasi biryani China. Video yang dibagikan lewat YouTube ini langsung viral.

Bikin Nasi Biryani Campur Sayuran, Wanita Ini Sebut Biryani ChinaBikin Nasi Biryani Campur Sayuran, Wanita Ini Sebut Biryani China Foto: Foodndtv

Banyak orang menganggap masakan ini aneh dan tidak bisa dikategorikan sebagai biryani China. Wanita bernama Sariya ini membuat nasi biryani yang ditambah potongan daging ayam dan aneka sayuran seperti wortel, daun bawang, kacang polong, kol, paprika dan buncis.

Tumisan ayam dan sayuran ini kemudian dicampur dalam nasi basmati dan dimasak seperti nasi biryani. Videonya sudah disaksikan lebih dari 8 juta kali dan mengundang hampir 2 ribu komentar netizen.

Nasi biryani buatannya ini disebut biryani China, namun tampaknya banyak yang tidak senang dengan sebutan ini. Orang-orang mengatakan lebih baik Sariya menamai masakannya ini sebagai nasi goreng China, bukan nasi biryani China.

"WTH. Apakah dia baru saja menambahkan beberapa makanan tambahan dan menyebut nasi goreng telur sebagai nasi biryani China," kata netizen.

"Ini bukan nasi biryani, bukan juga nasi goreng China. Dua makanan ini berbeda," sahut netizen lain.

Selain banyak yang protes dengan penyebutan nasi biryani China, ternyata banyak juga yang merasa terinspirasi dengan adanya kreasi nasi campur sayuran ini.

"Bagus sekali, saya mahasiswa.. Dan saya tinggal di asrama.. Terima kasih banyak sudah memberi inspirasi masakan," kata netizen yang tertarik mencoba membuat masakan ini.

"Wow, hasilnya luar biasa dan rasanya enak. Saya telah mencoba," pungkas netizen.

Nasi biryani sendiri atau biasa disebut juga biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran atau daging. Makanan ini berasal dari Asia Selatan.

Nasi biryani dibuat dengan beras basmati yang bentuknya panjang. Untuk menghasilkan aroma dan rasa rempah yang kuat, nasi biryani ditambahkan aneka bumbu seperti cengkeh, kapulaga, kayu manis dan berbagai rempah lain.



Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com