Astronot Ini Girang Bisa Makan Masakan Chef Prancis di Luar Angkasa

Devi Setya - detikFood Senin, 11 Okt 2021 13:00 WIB
Astronot Ini Girang Bisa Makan Masakan Chef Prancis di Luar Angkasa Foto: DigitalTrends
Jakarta -

Makanan di luar angkasa terkenal hambar dan hanya berupa cairan kental yang tidak menggugah selera. Padahal aslinya ada makanan lezat yang diracik langsung oleh chef asal Prancis.

Dilansir dari DigitalTrends (9/10), kebanyakan orang mengira makanan para astronot di luar angkasa tidak enak. Stok makanan di stasiun luar angkasa sebagian besar memang berupa pasta kental yang dimasukkan dalam kantong. Makanan ini kemudian bisa disantap menggunakan bantuan sedotan.

Tapi zaman semakin canggih, kini para astronot bisa makan makanan enak bahkan hasil racikan chef terkenal. Astronot asal Prancis, Thomas Pesquet, komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) saat ini, baru saja mengunggah video dari dapur orbital. Ia memamerkan makanan lezat hasil masakan chef ternama.

Astronot Ini Girang Bisa Makan Masakan Chef Prancis di Luar AngkasaAstronot Ini Girang Bisa Makan Masakan Chef Prancis di Luar Angkasa Foto: DigitalTrends

Dalam videonya, Pesquet berbicara dalam bahasa Prancis. "Makanan! Saya sangat senang dengan kedatangan makanan saya sehingga saya membuat video makanan ini," kata Pesquet 7 Oktober lalu.

Pesquet tiba di stasiun luar angkasa pada April 2021. Sebelum berangkat untuk menyelesaikan misi panjang ini, Pesquet lebih dulu meminta dibuatkan makanan oleh Chef Thierry Marx yang restorannya meraih Michelin Star.

Chef Marx tak mau menyiakan kesempatan ini, ia pun bekerja sama dengan ahli kimia Raphaël Haumont untuk menciptakan makanan lezat yang bisa dikonsumsi para astronot di luar angkasa. Chef Marx kemudian membuat beef bourguignon, risotto, dan crêpes Suzette spesial.

Dengan tetap memperhatikan kesehatan para astronot, nutrisi dari setiap makanan ini benar-benar diperhatikan. Makanan mengandung garam, lemak dan gula dalam porsi aman ketika dikonsumsi oleh para astronot di luar angkasa.

"Anda harus melihat astronot sebagai olahragawan," kata Marx dalam sebuah wawancara. "Thomas Pesquet akan dikurung di sana selama enam bulan dan penambahan berat badan bukanlah pilihan."

Astronot Ini Girang Bisa Makan Masakan Chef Prancis di Luar AngkasaAstronot Ini Girang Bisa Makan Masakan Chef Prancis di Luar Angkasa Foto: DigitalTrends

Pesquet menggambarkan hidangan khusus yang disimpan dalam kaleng ini sebagai "makanan pesta" yang biasanya disimpan untuk dibagikan kepada para astronot pada akhir pekan. Makanan istimewa racikan chef Prancis ini juga disimpan ketika ada astronot yang hendak merayakan pesta ulang tahun atau perayaan lain.

NASA juga memiliki kemitraan jangka panjang dengan chef Prancis terkenal lainnya seperti Alain Ducasse untuk menciptakan berbagai hidangan lezat untuk dikonsumsi di luar angkasa.

Supaya para astronot bisa menikmati makanan luar angkasa, para koki mencoba membuat makanan lebih kaya rasa. Ini dikarenakan, di luar angkasa indera perasa cenderung tidak berfungsi karena rongga hidung tersumbat cairan.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com