5 Sayuran yang Tumbuh Subur di Luar Angkasa, Selada hingga Lobak

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Feb 2021 15:30 WIB
5 Sayuran yang Tumbuh Subur di Luar Angkasa, Selada hingga Lobak Foto: Nasa.gov
Jakarta -

Para ilmuwan antariksa sudah lama mengembangkan teknologi pertanian di luar angkasa. Para astronot bahkan bisa panen dan makan sayuran segar seperti selada, lobak dan paprika.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) punya banyak misi luar angkasa dengan mengirimkan para astronot. Salah satu misinya yakni mencoba menanam berbagai tanaman di luar angkasa. Sekilas tampak meragukan tapi ternyata banyak tanaman sayur yang berhasil tumbuh subur.

Berbagai sayur seperti lobak, selada, paprika hingga kubis tumbuh subur di luar angkasa. Beberapa sayuran ini jadi santapan lezat dan segar bagi para astronot yang terbiasa makan makanan kaleng dan makanan kemasan.

Karena berada ribuan kilometer dari bumi, teknik penanaman sayuran di luar angkasa pun berbeda dengan yang diterapkan di bumi. Ada media tanam hingga cara perawatan khusus untuk aneka sayuran ini agar bisa tumbuh dengan baik.

Berikut beberapa sayuran yang berhasil ditanam di luar angkasa.

1. Kubis

Pada 2017 lalu, astronot di stasiun luar angkasa berhasil memanen kubis. Astronom bernama Peggy Whitson melaporkan dirinya berhasil panen kubis Jepang atau yang dikenal sebagai Tokyo Bekana.

Dilansir dasi situs resmi NASA (20/2) Peggy tercatat sebagai astronot kedua yang berhasil menanam dan panen sayuran yang bisa dikonsumsi. Pada 2015 kegiatan bercocok tanam di luar angkasa dilakukan pertama kali untuk jenis sayuran kubis.

Kegiatan menanam sayuran ini diawali dari keluhan para astronot soal makanan yang dikonsumsi setiap hari. Para astronot yang bertugas mengaku bosan dengan makanan yang disediakan karena rasanya dianggap kurang enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com