Testis Banteng Jadi Makanan Khas Spanyol, Begini Olahan Khasnya

Devi Setya - detikFood Minggu, 10 Okt 2021 19:00 WIB
Testis Banteng Jadi Makanan Khas Spanyol, Begini Olahan Khasnya Foto: iStock
Jakarta -

Mencari makanan ekstrem dari Spanyol atau Meksiko? Coba rocky mountain oyster alias testis banteng yang biasa disajikan sebagai makanan pembuka.

Bahan makanan ini populer disebut Rocky Mountain Oyster atau tiram gunung. Meskipun demikian, ini bukanlah tiram yang biasa diperoleh di laut melainkan testis banteng. Makanan ini populer di Perancis, Argentina, Spanyol bahkan di Amerika Selatan sebagai salah satu makanan khas sekaligus ekstrem.

Untuk mengolah testis banteng ini biasanya bagian kelamin dari hewan berkaki empat ini akan dikuliti kemudian digoreng dengan tambahan aneka bumbu seperti tepung, merica dan garam. Terkadang bagian testis banteng ini juga ditumbuk bersama bumbu untuk kemudian dimasak mirip patty burger.

Testis Banteng Jadi Makanan Khas Spanyol, Begini Olahan KhasnyaTestis Banteng Jadi Makanan Khas Spanyol, Begini Olahan Khasnya Foto: iStock

Menu ini biasanya hadir sebagai hidangan pembuka. Di Kanada, testis banteng atau sapi menjadi olahan yang lazim dikonsumsi. Biasanya bagian testis ini didapatkan dari proses kebiri hewan ternak. Masyarakat Kanada biasanya menyantap olahan testis sapi dengan saus kental yang rasanya gurih.

Di Oklahoma dan Texas testis banteng ini sering disebut calf fries. Sementara di Spanyol, Argentina dan banyak bagian Meksiko makanan ini disebut criadillas. Secara tradisional, masyarakat menyebut makanan ini sebagai huevos de toro yang artinya telur banteng.

Rocky Mountain Oyster terkadang membingungkan karena bentuknya mirip kentang goreng, apalagi dari namanya pun orang banyak mengira kalau makanan ini sejenis tiram. Makanan ini juga bukan makanan harian karena hanya sesekali hadir saat ada festival.

Selain unik, makanan ini kerap disebut sebagai afrosidiak atau makanan pembangkit gairah seksual.


Selain testis banteng, sapi dan kerbau, banyak makanan serupa yang juga dibuat dengan kelamin hewan. Ada torpedo domba khas Turki yang dikenal sebagai sirdan. Ada juga olahan testis babi dan testis kalkun yang dikenal sebagai makanan tradisional.



Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com