Jorok! Restoran Mie Ini Ketahuan Potong Daging di Lantai

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 09 Okt 2021 18:00 WIB
Jorok! Restoran Mie Ini Ketahuan Potong Daging di Lantai Foto: STOMP/ News SIte
Jakarta -

Kebersihan pada restoran dan dapur restoran, merupakan hal yang utama. Sehingga ketika pelayan dengan sengaja memotong daging untuk makanan di lantai, hal ini membuat publik geram.

Makan di restoran ternama atau rumah makan yang sudah populer, bukan jadi jaminan bahwa kebersihan makanannya terjaga. Banyak hal yang tidak sepantasnya dilakukan oleh para pelayan hingga pegawai restoran, di balik dapur saat menyiapkan makanan untuk pembeli.

Hal inilah yang baru-baru ini terjadi di restoran Pontian Wanton Noodles. Salah satu restoran mie wonton yang cukup terkenal di Singapura, dan memiliki beberapa cabang.

Dilansir dari AsiaOne (08/10), semuanya berawal dari The Singapore Food Agency (SFA) yang investigasi salah satu kejadian di Pontian Wanton Noodles. Dalam video yang tersebar, tampak beberapa pelayan di sana tengah memotong-motong daging untuk sajian mie di atas lantai yang kotor.

Kejadian itu terjadi di akhir bulan September lalu, dan dilakukan oleh dua pelayan di sana. Menyadari bahwa ada hal yang tidak benar, salah satu perwakilan dari STOMP, sejenis jurnalis online di Singapura, memberitahu tentang hal ini.

Ia mengambil video dan foto itu sebagai bukti. Mereka sempat memberitahu pihak restoran, bahkan menegur pegawai di Pontian. Tapi para pegawai di sana hanya mengabaikan teguran ini.

Jorok! Restoran Mie Ini Ketahuan Potong Daging di LantaiJorok! Restoran Mie Ini Ketahuan Potong Daging di Lantai Foto: STOMP/ News SIte

Baca Juga: Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita

Karena tak mendapatkan penyelesaian masalah, akhirnya STOMP melaporkan kasus ini ke organisasi SFA yang bertugas mengawasi kebersihan dan keamanan makanan serta pangan di Singapura.

"Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami untuk memastikan bahwa semua makanan aman. Selama SFA ada, setiap penyedia makanan atau pengelola restoran harus memperhatikan kesehatan makanan mereka, termasuk ketika sedang mempersiapkannya," tutur perwakilan dari SFA.

SFA sendiri mendorong semua warga Singapura, untuk aktif melaporkan pelanggaran seperti ini ketika mereka menemukannya saat makan atau minum di restoran, bahkan tempat makan tertentu. Agar pihak SFA bisa dengan cepat mengatasi kasus kebersihan makanan ini.

Jorok! Restoran Mie Ini Ketahuan Potong Daging di LantaiJorok! Restoran Mie Ini Ketahuan Potong Daging di Lantai Foto: STOMP/ News SIte

"Kami tidak akan ragu dan segan melakukan penindakan hingga hukuman, terhadap pengelola atau pemilik usaha makanan yang masih melanggar peraturan dan standard kebersihan yang berlaku. Jika pihak kami sudah mendapatkan bukti yang cukup," pungkas SFA.

Kejadian seperti ini bukan pertama kalinya terjadi di Pontian Wanton Noodles. Di tahun 2019 lalu contohnya, Pontian menarik perhatian setelah beberapa pelayan di sana tertangkap mengambil kembali pangsit yang sudah terjatuh di lantai lalu menyimpannya kembali.

Baca Juga: Jijik! Karyawan di Pabrik Ini Kupas Ceker Ayam Pakai Mulut



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com