Bopak Castello Punya Kebun 2.000 M2, Ditanami Pisang dan Singkong

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 09 Okt 2021 08:00 WIB
Bopak Castello Punya Kebun 2.000 M2, Ditanami Pisang dan Singkong Foto: YouTube/Boim Lebon
Jakarta -

Beberapa artis punya aset simpanan yang tak diketahui banyak orang. Salah satunya komedian Bopak Castello yang punya tanah seluas 2000 meter persegi di kawasan Megamendung.

Memiliki aset memang penting untuk bekal di masa tua nanti. Terkadang tidak semua pekerjaan akan tetap stabil sampai waktu yang sangat lama.

Termasuk para artis dan selebriti yang sudah banyak menyiapkan aset untuk kehidupan di masa tuanya nanti. Aset-aset para artis dan selebriti ini tidak banyak diketahui orang.

Beberapa komedian bahkan memiliki peternakan dan pertanian yang luas di samping profesinya di dunia hiburan. Ada Narji 'Cagur' hingga Akri Patrio. Ternyata komedian Bopak Castello juga punya kebun yang cukup luas.

Bopak Castello Punya Kebun 2.000 M2, Ditanami Pisang dan SingkongBopak Castello Punya Kebun 2.000 M2, Ditanami Pisang dan Singkong Foto: YouTube/Boim Lebon

Mengaku tidak sengaja membeli tanah, Bopak Castello memperlihatkan kebunnya yang luas di kawasan Cipayung, Megamendung pada YouTube Boim Lebon. Ditanami pohon nangka, pohon pisang, hingga pohon pete dan banyak tanaman lainnya ternyata mampu tumbuh subur di lahan milik Bopak ini.

Baca juga: Akri Patrio Kini Sibuk Berternak Entog, Kambing dan Kerbau

Jika dihitung-hitung, luas tanah Bopak Castello ini bisa mencapai 2000 meter persegi dengan aliran sungai di bagian bawahnya. Pemandangan yang indah juga terdapat di kebun milik Bopak Castello yang tekstur tanahnya bertingkat.

"Jadi dulu yang punya tanah mau nikahin anaknya terus tanahnya dijual. Eh ada temen yang nawarin 'Pak, lo mau gak nih beli tanah' akhirnya jual deh satu mobil buat beli tanah," kata Bopak.

Harga tanah yang dibayarkan oleh Bopak Castello saat itu kira-kira sekitar 250 juta. Dibantu oleh beberapa orang pegawainya, Bopak memanfaatkan lahan luas miliknya tersebut menjadi kebun dari beberapa jenis tumbuhan.

Bopak Castello Punya Kebun 2.000 M2, Ditanami Pisang dan SingkongBopak Castello Punya Kebun 2.000 M2, Ditanami Pisang dan Singkong Foto: YouTube/Boim Lebon

Menurut Bopak, lahannya yang luas ini punya pemandangan sungai yang deras saat musim hujan. Namun sayang, kini beberapa sisi tanah sudah mulai erosi sehingga batas-batas sungai mulai ambles.

"Ini kalo banjir buat arung jeram bagus. Cuma sayang di sebelah sana udah erosi," kata Bopak.

Bopak juga mengatakan bahwa sungai yang berada tepat di kebunnya tersebut seringkali digunakan untuk kepercayaan magis. Ada satu titik dimana air yang mengalir bertabrakan arusnya dan banyak menjadi tempat mandi untuk kepercayaan magis masyarakat sekitar.

Posisi tanah yang sangat baik dengan karakteristik tanah bertingkat membuat Bopak memungkinkan untuk menanam banyak tumbuhan dalam satu lahan. Ada pohon pepaya yang terlihat lebat buahnya, pohon singkong yang hampir memenuhi sebagian dari lahan, hingga pohon pisang yang menjadi dominan ditanam di lahannya.

Saat musim panen, Bopak Castello juga bisa merasakan hasil dari kebunnya. Pisang, pepaya, singkong dan berbagai tanaman yang bisa berbuah terasa begitu nikmat ketika ditanam di lahan milik sendiri.

Baca juga: Kabur ke Pekalongan, Ini Kisah Narji 'Cagur' yang Kini Sukses Jadi Petani



Simak Video "Nongkrong dan Minum Santai di kafe Rooftop Tertinggi di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com