Seafood Gerobakan

5 Tips Jajan Seafood Gerobakan Supaya Hemat dan Dapat Menu Fresh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Okt 2021 15:00 WIB
5 Tips Jajan Seafood Gerobakan Supaya Hemat dan Dapat Menu Fresh Foto: Getty Images/iStockphoto/Lisovskaya
Jakarta -

Seafood gerobakan jadi incaran karena enak dan murah. Sebelum jajan olahan seafood kaki lima ini, kenali tips jajan seafood gerobakan berikut agar dapat yang fresh.

Meski hanya dijajakan di kaki lima, seafood gerobakan punya banyak penggemar. Pembeli mengincar olahan ragam seafood berbumbu gurih pedas yang murah harganya.

Pilihan seafoodnya antara lain kerang, cumi, udang, sampai kepiting. Biasanya seafood-seafood ini bakal 'dipajang' di lemari kaca sehingga menarik perhatian pembeli.

Sebelum berburu seafood gerobakan, ada baiknya kamu menyimak tips jajan berikut. Hal ini agar kamu mendapat menu seafood yang fresh dan tak perlu merogoh kocek dalam.

Berikut tips jajan seafood gerobakan:

1. Pilih penjual yang bersih

Kebersihan adalah hal utama yang wajib diperhatikan dari penjual makanan. Jika ada beberapa pilihan penjual seafood gerobakan, pilih yang sekiranya bersih, baik diri penjual maupun gerobaknya.

Kehadiran lalat adalah hal wajar jika ada seafood, namun pastikan area penyimpanan dan pengolahan seafood tergolong bersih. Begitupun alat-alat untuk mengolahnya.

Lebih bagus jika penjual menempatkan stok seafood di cooler box atau bahkan freezer. Sudah pasti kualitasnya lebih terjaga.

2. Perhatikan kesegaran seafood

5 Tips Jajan Seafood Gerobakan Supaya Hemat dan Dapat Menu Fresh5 Tips Jajan Seafood Gerobakan Supaya Hemat dan Dapat Menu Fresh Foto: Getty Images/iStockphoto/Lisovskaya

Jejeran seafood yang dipajang sering kali menggugah selera, namun kamu perlu memerhatikan apakah seafood tersebut segar atau tidak?

Panduan umumnya adalah dengan mencium bau seafood. Jika ada bau amis, asam, atau tengik yang menusuk, hindari membeli seafood tersebut.

Kemudian lihat tampak luar seafood. Pada kerang, misalnya, pilih yang cangkangnya terlihat bersih, lembap, dan masih tertutup rapat/tidak retak. Lalu untuk kepiting, pilih yang cangkangnya berwarna merah cerah dan dagingnya bersih.

Bagaimana dengan cumi? Kamu bisa melihat tampilannya. Pilih yang kulitnya tidak terkelupas, teksturnya kenyal alami, dan matanya terlihat jernih. Sedangkan untuk udang, hindari yang cangkangnya sudah berbintik atau menghitam.

3. Lihat harga paket

Seafood gerobakan ditawarkan dalam pilihan menu satuan, namun kebanyakan juga menawarkan paket. Pilihlah menu paket ini karena biasanya lebih murah. Jenis seafood yang didapat juga bakal lebih beragam.

Biasanya per paket mulai dari Rp 30 ribu sudah dapat kerang, udang, dan ragam sayuran. Kalau mau hemat, hindari membeli kepiting, gurita, atau lobster karena sudah pasti harganya bakal melonjak tajam.

4. Pilih bumbu favorit

5 Tips Jajan Seafood Gerobakan Supaya Hemat dan Dapat Menu Fresh5 Tips Jajan Seafood Gerobakan Supaya Hemat dan Dapat Menu Fresh Foto: Getty Images/iStockphoto/Lisovskaya

Penjual seafood gerobakan punya racikan bumbu khas. Mulai dari saus Padang, black pepper, bumbu kuning, sampai bumbu balado. Pilih bumbu andalan dari penjual karena berarti itulah bumbu paling enak yang bisa ia buat.

Pilihan paling 'aman' yang sesuai dengan selera banyak orang biasanya adalah saus Padang. Paduan rasa gurih pedasnya amat disukai, apalagi ketika meresap ke dalam daging seafood.

5. Hati-hati dengan tingkat kepedasan

Selain menawarkan bumbu, penjual seafood gerobakan biasanya juga mempersilakan kamu memilih tingkat kepedasan yang diinginkan. Untuk pilihan terbaik, hindari rasa pedas yang berlebih karena berisiko bikin perut tidak nyaman, apalagi kalau kamu berniat menyantapnya dalam jumlah banyak.

Memilih rasa pedas yang terlalu kuat juga membuat kamu bakal kurang menikmati rasa seafood itu sendiri. Pilih pedas yang sedang kemudian nikmati dengan sewajarnya. Jangan sampai kamu terlalu kalap melahap semua seafood hingga kolesterol naik!



Simak Video "Gurihnya Peluang Bisnis Seafood Gerobakan di Kawasan Padat Penduduk"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com