Heboh di Medsos, Ternyata Ini Perbedaan Indomie Goreng Pulau Jawa VS Luar Jawa

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Okt 2021 16:30 WIB
Heboh di Medsos, Ternyata Ini Perbedaan Indomie Goreng Pulau Jawa VS Luar Jawa Foto: detikFood
Jakarta -

Perbedaan antara Indomie Goreng di Pulau Jawa, dan yang di luar Pulau Jawa memang jadi topik hangat netizen di medsos. Kira-kira apa saja bedanya?

Konten perbedaan Indomie Goreng yang beredar di Pulau Jawa, dan yang berada di luar Pulau Jawa memang cukup menarik minat netizen. Terutama sejak beredarnya video-video viral di TikTok yang membandingkan kedua mie instan ini, meski berasal dari produsen dan brand yang sama.

Penasaran dengan perbedaannya, detikFood langsung mencoba membandingkan kedua Indomie Goreng ini. Kalau dilihat dari segi kemasan dan bentuk memang tidak ada yang berbeda, tapi dari komposisi bumbu hingga cita rasanya ternyata berbeda.

Nah, kira-kira apa saja perbedaan antara Indomie Goreng di Pulau Jawa dan yang di luar Pulau Jawa ya?

1. Kemasan Sama, Isi Berbeda

Heboh di Medsos, Ternyata Ini Perbedaan Indomie Goreng Pulau Jawa VS Luar JawaHeboh di Medsos, Ternyata Ini Perbedaan Indomie Goreng Pulau Jawa VS Luar Jawa Foto: detikFood

Kami membeli Indomie Goreng dari Makassar, dan Indomie Goreng dari Jakarta untuk membandingkan keduanya. Penampilan kemasannya tak ada yang beda, bahkan sama persis. Satu-satunya yang membedakannya, mungkin terlihat pada kode pembuatan.

Untuk Indomie Goreng dari Makassar, kode awalnya 'MKS' sementara untuk yang di Jakarta kodenya 'TJP'. Sementara untuk beratnya, Indomie Goreng luar Pulau Jawa lebih ringan sekitar 80 gram, untuk Indomie Goreng Pulau Jawa beratnya 85 gram. Terlepas dari itu tampilan dan kemasannya tidak ada yang beda.

2. Komposisi Bumbu Berbeda

Heboh di Medsos, Ternyata Ini Perbedaan Indomie Goreng Pulau Jawa VS Luar JawaHeboh di Medsos, Ternyata Ini Perbedaan Indomie Goreng Pulau Jawa VS Luar Jawa Foto: detikFood

Setelah dibuka, perbedaan yang paling mencolok terletak pada komposisi bumbu antara kedua Indomie Goreng ini. Kalau Indomie Goreng di Pulau Jawa, komposisi bumbunya dilengkapi dengan bawang goreng, bumbu bubuk, kecap manis, saus sambal, dan minyak bawang.

Sementara Indomie Goreng luar Pulau Jawa, tampil lebih minimalis dalam masalah bumbu. Saus sambal diganti dengan bubuk cabe, lengkap dengan minyak bawang dan kecap manis.

Untuk mie instannya sendiri, tampak sama. Hanya saja mie instan di luar Pulau Jawa lebih renggang dan tidak sepadat mie instan di Pulau Jawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com