5 Cara Mudah Menyimpan Buah Potong Agar Tetap Segar dan Tak Kecokelatan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 08 Okt 2021 10:07 WIB
Cara menyimpan buah potong Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kesegaran buah akan menurun kalau tak disimpan dengan cara yang tepat. Agar buah tetap tampak segar dan tak cepat kecokelatan warnanya, begini cara menyimpannya.

Buah, salah satu makanan sehat yang memiliki gizi seimbang. Tentunya dilengkapi dengan vitamin dan kandungan nutrisi penting lainnya. Seperti vitamin A, C, B, serat, mineral, dan lainnya.

Paling nikmat buah dikonsumsi dalam keadaan masih segar. Bisa dimakan langsung atau dipotong untuk campuran salad buah atau es buah.

Agar tampilannya tetap segar, cara menyimpan buah yang tepat juga perlu diperhatikan. Karena, setiap buah memiliki karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan cara menyimpannya.

Baca Juga: Indomie Goreng Jadi Mie Instan Terbaik Versi NY Magazine

Dilansir dari Food NDTV (24/9), ada beberapa tips menyimpan buah potong yang tepat. Mulai dari menggunakan wadah kedap udara hingga direndam air lemon.

Berikut 5 cara mudah menyimpan buah potong agar tetap segar dan tak cepat kecokelatan.

1. Pakai Wadah Makanan Kedap Udara

Cara menyimpan buah potongCara menyimpan buah potong Foto: Getty Images/iStockphoto/akvafoto

Wadah kedap udara bisa menjadi salah satu penyelamat agar buah potong dalam kondisi yang tetap segar. Kamu bisa menggunakan tempat makan, stoples, ataupun plastik ziplock.

Potongan buah yang tersimpan dalam wadah tertutup dapat membantu menghindari kelembapan. Sehingga mencegah reaksi antara enzim buah dan udara yang dapat membuatnya cepat kecokelatan dan tak segar lagi.

2. Rendam dalam Air Garam

Kalau tak memiliki wadah kedap udara, kamu bisa merendam potongan buah dalam air garam. Tambahkan sedikit garam dalam air bersih lalu rendam buah hingga seluruh permukaan buah terendam air.

Rendam selama yang kamu inginkan dan bilas dengan air bersih agar rasanya tak asin saat akan menyantapnya. Air garam diketahui dapat membantu dalam mencegah proses oksidasi, sehingga buah tidak berubah warna.

3. Tambahkan Air Lemon

Cara menyimpan buah potongCara menyimpan buah potong Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau takut rasa buah menjadi asin, air lemon bisa menjadi alternatifnya. Sebelum disimpan dalam wadah makanan, kucuri air lemon ke atas buah yang akan kamu simpan.

Sifat lemon yang asam inilah yang membantu dalam membalikkan proses oksidasi dan membuat buah tetap segar untuk waktu yang lama. Buah yang ditambahkan air lemon juga memiliki rasa yang lebih menyegarkan.

Baca Juga: Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com