Kerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood Gerobakan

ADVERTISEMENT

Seafood Gerobakan

Kerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood Gerobakan

Devi Setya - detikFood
Kamis, 07 Okt 2021 17:00 WIB
Kerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood Gerobakan
Foto: Getty Images/iStockphoto/mamadela
Jakarta -

Kerang termasuk seafood paling populer di seafood gerobakan. Jenis kerang yang digunakan juga beragam mulai kerang ijo, kerang dara hingga kerang batik. Semuanya lezat!


Kerang bisa dibilang sebagai jenis seafood dengan harga terjangkau. Meskipun terbilang murah tapi rasanya gurih enak dan bisa dibuat menjadi berbagai olahan. Untuk seafood gerobakan, kerang kerap dimasak dengan bumbu kuning, bumbu balado bahkan saus Padang.

Kesegaran kerang menentukan tekstur dan rasanya. Kerang yang diolah dalam keadaan segar akan memiliki tekstur yang kenyal lembut serta punya rasa sedikit manis gurih. Kerang segar juga tidak berbau amis menyengat.

Ada tips untuk memilih kerang segar sebelum dimasak. Pertama, sebelum membeli kerang pastikan pilih yang cangkangnya masih tertutup rapat. Ini menandakan kalau kerang masih hidup. Hindari membeli kerang dengan cangkang menganga yang artinya kerang sudah mati.

Pastikan juga memilih kerang yang bagian cangkangnya bersih dari karang dan kotoran. Selain itu, coba cium aromanya. Kerang segar memiliki bau amis yang segar, bukan bau amis busuk yang menyengat. Tidak perlu mencium satu per satu kerang tapi aroma ini sudah bisa tercium dari jauh.

Saat merebus kerang juga bisa ditambahkan aneka rempah aromatik seperti jahe, serai dan daun jeruk agar aroma amisnya hilang.

Berikut beberapa jenis kerang yang biasa dijadikan olahan pada seafood gerobakan:

1. Kerang ijo

Kerang hijau atau kerang ijo termasuk jenis kerang paling populer dan paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, kerang ini memiliki cangkang berwarna hijau gelap dengan bentuk lonjong.

Kerang ijo biasa dimasak bersama cangkangnya, tekstur kerang ini lembut dan rasanya gurih. Di seafood gerobakan, kerang ijo umumnya dimasak dengan bumbu sederhana seperti bumbu kuning.

Tentu tidak asing melihat penjual kerang gerobakan yang menjajakan kerang ijo rebus kemudian disajikan dengan cocolan saus sambal. Harganya murah meriah, satu kantong kerang dibanderol mulai Rp 5 ribuan.

2. Kerang dara

Kerang dara juga terbilang populer dijadikan olahan di seafood gerobakan. Kerang ini memiliki ukuran kecil, bercangkang putih gading dengan tekstur bergaris pada seluruh permukaan cangkangnya.

Kerang dara memiliki tekstur kenyal. Kerang ini biasa dimasak dengan aneka bumbu seperti balado pedas, bumbu saus Padang hingga saus tiram. Bukan hanya jadi favorit di seafood gerobakan, kerang ini juga eksis di warung seafood tenda hingga restoran seafood ternama.

Kerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood GerobakanKerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood Gerobakan Foto: Getty Images/iStockphoto/mamadela

3. Kerang batik


Kerang batik pun kerap disajikan di oleh penjual seafood gerobakan. Kerang ini punya bentuk cangkang mirip kerang dara namun permukaan dengan motif batik ini bertekstur halus, licin dan mengilap.

Kerang batik punya daging putih agak kekuningan, teksturnya kenyal dengan rasa tidak terlalu gurih. Kerang ini punya tampilan unik, namun harganya terbilang terjangkau. Jadi tak heran juga kalau kerang batik hadir sebagai menu di seafood gerobakan.

4. Kerang bambu


Kerang bambu termasuk jenis kerang bertekstur lembut dan paling enak dimasak dengan bumbu. Tidak seperti kerang ijo atau kerang dara yang enak dimakan dengan cocolan saus sambal, kerang bambu lebih enak saat dimasak bersamaan dengan bumbu.

Bumbu paling pas untuk olahan kerang bambu antara lain dengan bumbu saus tiram, saus padang, bumbu rica-rica atau kerang bambu saus oriental. Di seafood gerobakan, hanya sebagian penjual menyediakan kerang bambu. Ini dikarenakan harganya yang agak mahal.

Kerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood GerobakanKerang Ijo hingga Kerang Batik Jadi Menu Favorit di Seafood Gerobakan Foto: Getty Images/iStockphoto/mamadela

5. Kerang kapak

Kerang kapak atau simping juga jadi makanan populer di seafood gerobakan. Kerang ini memiliki cangkang lebar pipih dengan ujung cenderung runcing. Meskipun ukuran cangkangnya lebar namun bagian daging kerang ini terbilang mungil.

Daging kerang kapak tebal dan bertekstur kenyal serta sedikit mirip tekstur scallops. Kerang ini biasa disajikan dengan bentuk terbuka agar mudah disantap. Bagian cangkangnya yang tajam membuat penikmatnya harus berhati-hati agar tidak terluka. Di pasar seafood, kerang ini termasuk salah satu jenis yang sulit dijumpai.



Simak Video "Kerang Emak Mini, Santapan Unik di BKT"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT