Cara Menghangatkan Kentang Goreng yang Lemas, Bisa Pakai Alat Masak Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 14:30 WIB
Cara menghangatkan kentang goreng yang lemas Foto: iStock
Jakarta -

Kentang goreng yang terlalu lama didiamkan tak akan lagi renyah, teksturnya menjadi lemas. Cara menghangatkannya bisa menggunakan air fryer yang praktis.

Kini air fryer menjadi alat masak yang banyak digunakan karena praktis. Selain itu, banyak orang memakai air fryer karena bisa memasak tanpa minyak goreng. Sehingga untuk sebagian orang menjadikan air fryer pilihan yang lebih sehat.

Air fryer bisa kamu gunakan untuk menggoreng makanan ataupun memanggangnya. Kamu tinggal memasukkan makanan yang ingin digoreng atau dipanggang, lalu atur tingkat kepanasan dan lamanya. Setelah itu, makanan yang ingin kamu sajikan akan langsung tersaji.

Baca Juga: Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Cara menghangatkan kentang goreng yang lemasCara menghangatkan kentang goreng yang lemas Foto: TikTok @saranshgoila, iStock

Dilansir dari Food NDTV (1/10), air fryer juga bisa digunakan untuk menghangatkan kentang goreng. Alat masak ini dipilih karena kamu tak perlu menggoreng kentang untuk kedua kalinya, dimana dapat menyebabkan kandungan lemak jenuhnya berlebih.

Seorang chef selebriti Saransh Goila dari India mempraktekkan cara menghangatkan kentang goreng yang lemas itu. Lewat video yang ia unggah di TiKTok, awalnya Goila menggunakan microwave untuk menghagatkan kentang goreng lemasnya.

Namun ternyata penggunaan microwave untuk menghangatkan kentang goreng tak berhasil. Karena, kentang goreng masih tetap bertekstur lemas dan lembek, walaupun kondisinya telah hangat.

Cara menghangatkan kentang goreng yang lemasCara menghangatkan kentang goreng yang lemas Foto: TikTok @saranshgoila, iStock

"Bagaimana caranya menghangatkan kentang goreng yang sudah lemas? Jangan gunakan microwave ya!" ujar chef Saransh Goila dalam videonya.

Baca Juga: 20 Dim Sum Gerobakan Mulai Rp 1.000 Ada di Sini

"Tapi gunakan air fryer selama 3-4 menit dengan suhu 180 C. Hasilnya sangat enak dan renyah!" lanjutnya.

Chef Saransh Goila hanya menyarankan untuk menggunakan air fryer selama 304 menit dengan suhu yang tinggi. Hasilnya, kentang goreng miliknya itu kembali renyah dan terasa nikmat ketika disantap.

Cara menghangatkan kentang goreng yang lemasCara menghangatkan kentang goreng yang lemas Foto: TikTok @saranshgoila, iStock

Air fryer juga bisa digunakan untuk memasak telur rebus tanpa air lho. Telur yang masih utuh dimasukkan ke dalam air fryer dan dipanaskan dengan suhu 121 C selama 15 menit untuk hasil telur rebus yang 3/4 matang, seperti dikutip dari Skinny Taste (4/10).

Baca Juga: Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com