5 Buku Resep Tertua di Dunia Ada di Roma hingga Irak, Isinya Resep Apa Saja?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 14:00 WIB
5 Buku Resep Tertua di Dunia Ada di Roma hingga Irak, Isinya Resep Apa Saja? Foto: Oldest
Jakarta -

Buku resep hadir untuk memudahkan proses masak, tapi tahukah kamu kalau buku resep punya sejarah panjang? Berikut 5 resep buku tertua di dunia. Berasal dari Roma hingga Irak, resep apa saja yang ditulis dalam buku ini?

Kehadiran buku resep begitu membantu orang-orang yang berencana masak atau berkreasi di dapur. Zaman sekarang buku resep tampil dalam desain modern yang membantu pembacanya lebih mudah memahami setiap instruksi yang ada.

Namun tahukah kamu kalau buku resep sudah ada sejak 1700 SM? Buku resep ini belum ditulis di kertas, apalagi dalam versi digital, melainkan di atas lempengan batu! Kemudian ada juga buku resep yang mulai ditulis di halaman kertas.

Dari buku resep tertua di dunia ini kita bisa menelusuri kembali jejak sejarah masa lampau. Kita bisa tahu makanan apa saja yang dinikmati orang-orang zaman dulu, termasuk cara mereka menyiapkan makanan.

Dirangkum dari Oldest (6/10/21), berikut 5 buku resep tertua di dunia yang informasinya menarik untuk diketahui:

1. Yale Culinary Tablets

5 Buku Resep Tertua di Dunia Ada di Roma hingga Irak, Isinya Resep Apa Saja?5 Buku Resep Tertua di Dunia Ada di Roma hingga Irak, Isinya Resep Apa Saja? Foto: Oldest

Buku resep tertua di dunia dinobatkan pada Yale Culinary Tablets yang sudah ada sejak 1700 Sebelum Masehi (SM) di Mesopotamia. Meski dijuluki 'buku resep', nyatanya resep ini tertulis di tiga lempengan batu.

Dari resep ini diketahui bahwa orang-orang zaman dulu menikmati roti, sup, daging panggang, dan bahkan kue. Namun resep makanan mewah ini merujuk pada menu untuk anggota kerajaan Mesopotamia, bukan makanan rakyat pada umumnya.

Di zaman itu, terlihat kalau makan malam dan hidangan penutup tidak dipisah. Makanan bahkan terus-terusan disajikan setelah selesai dimasak. Menariknya, dari Yale Culinary Tablets tercermin bahwa orang zaman dulu sudah memikirkan pentingnya 'plating' atau presentasi makanan. Mereka mencetak makanan dan menggunakan berbagai alat untuk membuat presentasi makanan lebih menarik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com