Mau Nyicip Sirdan? Torpedo Kambing yang Direbus Utuh Khas Turki

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 19:30 WIB
Mau Nyicip Sirdan? Torpedo Kambing yang Direbus Utuh Khas Turki Foto: Getty Images/iStockphoto/alpaksoy
Jakarta -

Bukan hanya di Indonesia saja, torpedo kambing juga kerap dimasak jadi hidangan di Turki. Namanya sirdan, torpedo kambing yang direbus dalam bentuk utuh. Mau nyicip?

Selain terkenal sebagai destinasi wisata religi, Turki juga menjadi tujuan para foodies yang mencari kuliner unik. Salah satunya yang unik, autentik sekaligus ekstrem adalah sirdan. Menu khas ini dijamin bikin penasaran.

Sirdan atau yang juga biasa disebut sirden atau sirder adalah salah satu makanan khas masyarakat Turki, biasa disajikan sebagai hidangan spesial saat merayakan upacara adat atau sedang berpesta. Sirdan terbuat dari bahan utama torpedo kambing atau domba yang dibiarkan dengan bentuk utuh.

Mau Nyicip Sirdan? Torpedo Kambing yang Direbus Utuh Khas TurkiMau Nyicip Sirdan? Torpedo Kambing yang Direbus Utuh Khas Turki Foto: Getty Images/iStockphoto/alpaksoy

Bagian kelamin pada domba atau kambing jantan ini kemudian dimasak dengan cara direbus bersama bumbu dan rempah khas Timur Tengah. Mirip hidangan sup dengan kuah kaldu, sirdan disajikan hangat-hangat dan biasa disantap dengan nasi berempah serta irisan bawang merah.

Menu ini berasal dari daerah Ardana. Bentuk torpedo kambing atau domba yang masih utuh ini menjadikan sirdan terbilang sebagai salah satu makanan ekstrem karena tidak semua orang berani mencoba. Apalagi setelah melihat bentuknya yang mirip penis.

Sesaat sebelum matang, torpedo ini dikerat agar bumbunya bisa meresap sempurna. Proses pemasakan yang lama dan menggunakan bumbu berlimpah menjadikan makanan ini tidak berbau amis serta rasanya menggoda selera.

Saat ini sirdan mengalami sedikit perubahan karena beberapa torpedo kambing diberi isian daging kambing yang sudah dicincang dan dibumbui. Sirdan seperti ini lebih banyak diminati para wisatawan yang penasaran dengan rasa sirdan namun khawatir dengan rasanya.

Mau Nyicip Sirdan? Torpedo Kambing yang Direbus Utuh Khas TurkiMau Nyicip Sirdan? Torpedo Kambing yang Direbus Utuh Khas Turki Foto: Getty Images/iStockphoto/alpaksoy

Tapi kalau mau mencicip sirdan versi autentik, kamu bisa datang ke kawasan Ardana. Di sini sirdan dibuat secara tradisional dengan bumbu dan resep asli turun temurun.

Tertarik mencoba sirdan? Di Turki banyak restoran yang menawarkan menu ini. Jadi kalau sedang traveling ke Turki, coba mampir untuk menikmati uniknya Sirdan.



Simak Video "Santap Olahan Kambing di Kedai Favorit Joko Anwar"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com