Bikin Mual! Dokter Bedah Ini Ungkap Fungsi Sendok di Ruang Operasi

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 16:30 WIB
Bikin Mual! Dokter Bedah Ini Ungkap Fungsi Sendok di Ruang Operasi Foto: TikTok/dr.karanr
Jakarta -

Seorang dokter bedah mengungkap fungsi sendok di ruang operasi. Digunakan pada tindakan operasi usus besar, fungsi sendok tersebut berhasil bikin mual.

Seorang dokter bedah bernama dr. Karan Raj memang diketahui aktif di media sosial TikTok. Dirinya kerap membagikan fakta-fakta unik dan edukasi tentang kesehatan yang belum banyak diketahui masyarakat.

Beberapa hal unik bikin bergidik juga kerap dibagikan oleh dr Karan Raj melalui unggahan-unggahan videonya. Kali ini ada sebuah fakta yang diungkapkan dirinya dan membuat netizen yang melihatnya merasa mual.

Hal ini terkait fungsi sendok yang ternyata juga digunakan di ruang operasi. Sendok berukuran sedang tersebut dikatakan untuk mengambil 'puding coklat' dari tubuh pasien.

Bikin Mual! Dokter Bedah Ini Ungkap Fungsi Sendok di Ruang OperasiBikin Mual! Dokter Bedah Ini Ungkap Fungsi Sendok di Ruang Operasi Foto: TikTok/dr.karanr

Mengutip Mirror UK (2/10), dr. Karan Raj membagikan sebuah video yang membuat followers-nya merasa cukup terganggu. Dalam unggahannya tersebut dr. Karan Raj mengatakan bahwa sendok juga diperlukan oleh dirinya saat melangsungkan operasi.

Baca juga: Tragis! Pria Ini Jalani Operasi Perut Setelah Menelan Sikat Gigi

Ternyata sendok yang digunakannya tersebut diperlukan saat melangsungkan operasi saluran pencernaan. Ia mengungkapkan bahwa sendok tersebut bukanlah sendok biasa tetapi bernama 'rectal spoon'.

"Ini digunakan untuk mengeluarkan 'puding coklat yang terlarang'," kata dr. Karan Raj.

Bukan puding sungguhan ternyata maksudnya adalah kotoran yang menumpuk dalam usus yang tidak bisa dikeluarkan dengan cara biasa. Walaupun bentuknya sangat mirip dengan sendok puding pada normalnya. tetapi sendok ini memiliki kegunaan yang sangat jauh berbeda.

Bikin Mual! Dokter Bedah Ini Ungkap Fungsi Sendok di Ruang OperasiBikin Mual! Dokter Bedah Ini Ungkap Fungsi Sendok di Ruang Operasi Foto: TikTok/dr.karanr

Bukan hanya fungsinya, dr. Karan Raj juga mengatakan bahwa sendok tersebut punya dua ukuran yang kegunaannya disesuaikan dengan kondisi kotoran yang terdapat pada usus pasiennya. Ada yang seukuran sendok teh hingga sendok makan.

Hingga artikel ini dibuat (4/10), video unggahan dr. Karan Raj tersebut telah disaksikan lebih dari 1,1 juta kali. Lebih dari seribu komentar terlihat memenuhi unggahannya.

"Aku memberikan tugas kotor ini kepada juniorku karena ini akan menjadi latihan yang baik untuknya," tulis akun @ninamoneyy.

"Jujurlah, kamu mengambil itu dari kantin. Itu bisa saja menjadi alasan mengapa aku tak pernah menemukan sendok di kantin rumah sakit," tulis akun @nicolagale1.

Baca juga: Bikin Haru! Ini Momen Dokter Bedah Buka Puasa saat Sedang Operasi Pasien



Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak 1 Ekor"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com