Tragis! Pria Ini Jalani Operasi Perut Setelah Menelan Sikat Gigi

Devi Setya - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 14:30 WIB
Pria Ini Jalani Operasi Perut Setelah Menelan Sikat Gigi Foto: Odditty Central
Jakarta -

Seorang pria asal China harus menjalani operasi pada perut setelah ia tak sengaja menelan sikat gigi. Sikat gigi dengan panjang 15 cm bersarang di lambungnya.

Dikabarkan Oddity Central (4/8) pria dari Taizhou, Provinsi Jiangsu, China ini dilarikan ke UGD rumah sakit karena kecelakaan yang dialami saat ia mengantuk. Pagi hari saat hendak menyikat gigi, pria yang tak disebutkan namanya ini tak sengaja menelan sikat gigi yang tengah ia gunakan.

Kepada dokter, pria ini mengaku sudah membiarkan sikat gigi berada di perutnya selama 10 hari. Ia bercerita, saat pagi hari hendak menyikat gigi sebelum sarapan, tak sengaja menelan sikat gigi. Hal ini terjadi karena ia sangat mengantuk.

Pria Ini Jalani Operasi Perut Setelah Menelan Sikat GigiPria Ini Jalani Operasi Perut Setelah Menelan Sikat Gigi Foto: Odditty Central

Ketika mencoba meraih pegangan sikat gigi, pria ini justru malah mendorongnya hingga semakin masuk ke tenggorokan. Alhasil, sikat gigi sepanjang 15 sentimeter ini semakin masuk ke dalam tenggorokan dan masuk ke lambungnya.

Berhari-hari membiarkan sikat gigi berada di mulutnya, pria ini akhirnya merasa tidak nyaman. Ia pun segera pergi ke rumah sakit dan dokter melakukan rontgen di area perut lantas menyiapkan tindakan operasi gastroskopik darurat.

Dokter mengatakan, bagian gagang sikat gigi yang licin dan halus membuat sikat gigi ini bisa dengan cepat meluncur ke dalam tenggorokan. Dokter di Departemen Gastroenterologi harus terlebih dahulu menempatkan sikat gigi ini pada posisinya, kemudian menggunakan alat khusus untuk menarik sikat gigi agar keluar dari dalam perut si pria malang ini.

Wang Jianrong, kepala Departemen Gastroenterologi di Rumah Sakit Taizhou mengatakan bahwa pasien ini sudah melakukan hal yang benar dengan mencari pertolongan medis. Karena banyak orang yang menelan benda asing justru mencari pengobatan tradisional misalnya dengan makan nasi yang dikepal.

Bukan menjadi solusi, pertolongan tradisional ini justru bisa lebih membahayakan.

"Memilih pengobatan tradisional, seperti menelan nasi atau cuka dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Seperti merusak kerongkongan. Secara pribadi, saya pernah mendengar orang-orang begitu linglung di pagi hari sehingga mereka mengira pasta gigi sebagai sabun cair dan sebaliknya, tetapi ini adalah pertama kalinya saya mengetahui ada seseorang mengantuk sampai menelan sikat gigi," kata Wang Jianrong.

Sebelumnya ada kasus serupa, seorang anak di Amerika Serikat tak sengaja menelan earphone namun dokter menyuruhnya menunggu hingga benda asing ini keluar secara alami bersama kotoran.

Demikian juga untuk kasus wanita yang tak sengaja menelan cincin kawinnya, dokter juga menyarankan ia menyantap makanan yang mengandung serat banyak agar saluran pencernaannya dapat dengan cepat mendorong cincin yang tertelan.



Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com