Diet Cristiano Ronaldo Jadi Panutan Pemain MU dan Tim Sepak Bola Portugal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 12:30 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 02: Jadon Sancho and Cristiano Ronaldo of Manchester United wait to take to the field as substitutes during the Premier League match between Manchester United and Everton at Old Trafford on October 02, 2021 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Foto: (Getty Images/Michael Regan)
Jakarta -

Cristiano Ronaldo dikenal dengan dietnya yang sehat. Hal ini menginspirasi pemain MU dan tim sepak bola Portugal yang turut makan sehat karena melihat pola diet sang bintang.

Mengutip Talk Sport (5/10/21), sebelumnya pesepak bola Manchester United (MU), Lee Grant mengakui kalau ia menjadikan diet Cristiano Ronaldo sebagai panutan. Grant bahkan putuskan tak makan dessert atau makanan manis demi menjaga kebugarannya.

"Tidak ada satu pemain pun yang menyentuh apple crumble dan custard, tidak ada satu pemain pun yang mengambil brownies. Itu karena semua orang duduk dan salah satu dari mereka berkata kepada saya, 'Apa yang ada di piring Cristiano?'" ujar Grant.

Ia dan pemain MU lainnya pun sampai merinding melihat piring makan Ronaldo. "Jadi kami sedikit merinding melihat apa yang dia makan. Jelas itu piring 'terbersih' dan paling sehat yang bisa Anda bayangkan," kata kiper MU ini.

7 Ikan dan Seafood Paling Sehat Menurut Ahli Gizi, Ada Favoritmu?Diet Cristiano Ronaldo Jadi Panutan Pemain MU dan Tim Sepak Bola Portugal Foto: Getty Images/alle12

Tidak hanya jadi panutan untuk pemain MU, diet sehat ala Ronaldo juga menginspirasi tim sepak bola Portugal. Hal ini disampaikan rekan Ronaldo, Jose Fonte.

Baca Juga: Rahasia Diet Cristiano Ronaldo Diungkap Mantan Chef Pribadi, Ini Menunya

Fonte bilang, "Seratus persen (Ronaldo memengaruhi). Kami selalu melihat apa yang dia makan dan apa yang dia lakukan." Ia menambahkan, "Kamu tahu kalau dia adalah yang terbaik dan kamu ingin meniru apa yang dilakukan karena pasti dia melakukan yang benar."

Fonte seolah sudah hafal menu-menu sehat pilihan Ronaldo. Mulai dari quinoa, banyak telur, ubi, hingga brokoli. "Dia sangat menyukainya," ujar pesepak bola 37 tahun itu.

Namun Fonte tak memungkiri kalau sekali-kali Ronaldo menikmati 'cheat meal'. Makanan enak yang dipilih pasangan Georgina Rodríguez itu adalah balcalhau, makanan tradisional Portugal yang terbuat dari ikan cod yang dikeringkan dan diasinkan.

MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 29: Cristiano Ronaldo of Manchester United reacts during the UEFA Champions League group F match between Manchester United and Villarreal CF at Old Trafford on September 29, 2021 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)Diet Cristiano Ronaldo Jadi Panutan Pemain MU dan Tim Sepak Bola Portugal Foto: Getty Images/Michael Regan

Balcalhau biasanya disajikan dengan kentang, bawang bombai, telur rebus, zaitun, dan minyak zaitun. Ronaldo juga sesekali memanjakan diri dengan makan steak plus keripik kentang dan telur goreng usai bertanding.

"Saya pernah melihat dia makan semua itu, sedikit-sedikit," ujar Fonte. Ia tak heran akan hal ini karena menurutnya ketika sudah jadi bintang sepak bola besar seperti Ronaldo, sudah sepatutnya lebih berhati-hati memilih asupan makanan karena beban tanggung jawab yang dimiliki juga kian besar.

Sebelumnya diet sehat ala Cristiano Ronaldo memang menyita perhatian publik. Ia dikenal menjalani kebiasaan makan 6 kali sehari.

Dalam salah satu sesi wawancaranya yang dilansir dari Goal (28/8/21), Ronaldo mengaku cukup sering makan 6 kali sehari, meskipun porsi makanannya jauh lebih kecil dari porsi makan normalnya.

Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat layDiet Cristiano Ronaldo Jadi Panutan Pemain MU dan Tim Sepak Bola Portugal Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora

Ia juga sangat menyukai konsumsi makanan tinggi protein. "Saya biasanya menyantap makanan tinggi protein, dengan tambahan karbo dari gandum utuh. Kemudian tambahan buah-buahan serta sayuran. Saya selalu menghindari makanan yang manis," tutur pria kelahiran Portugal tersebut.

Salah satu menu favoritnya adalah ikan. Ronaldo gemar menyantap ikan sea bass atau ikan kakap laut. Ada juga ikan sea bream atau ikan padi-padi yang terkenal kaya protein.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Balik ke MU, Ini 5 Pola Makan Sehatnya yang Bisa Ditiru



Simak Video "Mantap! Penjualan Kaos MU CR7 Pecahkan Rekor, Kalahkan Messi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com