Greysia-Apriyani Cicip Permen Asin Finlandia Salmiakki, Ini 4 Faktanya!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 04 Okt 2021 19:00 WIB
Greysia-Apriyani Cicip Permen Asin Finlandia Salmiakki, Ini 4 Faktanya! Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada kejadian unik pada pelaksanaan Sudirman Cup 2021 di Finlandia. Greysia-Apriyani diberi kesempatan untuk mencicipi permen asin bernama salmiakki.

Turnamen bulutangkis bergengsi Sudirman Cup 2021 dilaksanakan di Finlandia. Tidak hanya menjadi ajang olahraga bergengsi saja, ternyata para atlet yang berpartisipasi berkesempatan untuk mengenal budaya Finlandia.

Salah satunya adalah budaya kuliner unik bergaya Nordik. Khususnya untuk atlet Indonesia, mencicip makanan-makanan khas Nordik adalah kesempatan unik yang patut dicoba dan tidak boleh dilewatkan.

Salah satu atlet Indonesia yang mencicip penganan unik khas Finlandia adalah pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Keduanya diberi kesempatan untuk mencicip permen asin bernama salmiakki yang rasanya sangat unik dan dibuat khas dari Finlandia.

Berikut ini 4 fakta unik salmiakki:

Greysia-Apriyani Cicip Permen Asin Finlandia Salmiakki, Ini 4 Faktanya!Greysia-Apriyani Cicip Permen Asin Finlandia Salmiakki, Ini 4 Faktanya! Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Permen yang Asin

Jika permen biasanya memiliki rasa manis yang nikmat, berbeda dengan salmiakki permen tradisional asal Finlandia. Salmiakki justru memiliki cita rasa asin yang khas.

Hal ini membuat salmiakki menjadi salah satu dari deretan makanan unik di dunia yang direkomendasikan untuk dicoba setidaknya sekali dalam seumur hidup. Walaupun memiliki rasa asin yang kuat dan kerap bikin mual beberapa orang, tetapi keunikan salmiakki punya daya tarik sendiri bagi banyak orang.

Di Finlandia dan negara-negara Nordik lainnya, banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mencicipi permen asin yang satu ini. Walaupun pada akhirnya banyak yang berujung memuntahkan permen tersebut.

Baca juga: 5 Permen Teraneh di Dunia, Rasa Super Pedas hingga Bentuk Sperma

2. Dipercaya Sebagai Obat Batuk

Rasa asin yang terdapat pada salmiakki bukan berasal dari penggunaan natrium klorida atau garam. Salmiakki menggunakan amonium klorida sebagai bahan utama untuk mengubah akar manis (liquorice) menjadi permen dengan cita rasa asin yang unik.

Amonium klorida dapat memberikan efek seperti lidah terasa kelu dengan rasa dan aroma yang cukup menyengat. Tetapi bagi orang-orang yang tinggal di wilayah Nordik, termasuk Finlandia, penggunaan amonium klorida ini dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat batuk dan sakit tenggorokan.

Menurut kepercayaan tradisional di beberapa wilayah ternyata amonium klorida juga memang dianggap ampuh untuk memperlancar dahak. Bahkan penulis asal Finlandia, Jukka Annala, berspekulasi bahwa salmiakki berasal dari apotek-apotek yang meramu obat batuk secara mandiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com