Puasa Sekitar 20 Jam, Bule Finlandia Ini Sahur Mie Instan Plus Cabai Bubuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 05 Mei 2020 04:00 WIB
Bule Finlandia sahur pakai mie instan Foto: YouTube Chimy in Finland
Jakarta -

Bule Finlandia ini adalah seorang mualaf yang jalani ibadah puasa. Meski waktu puasa di sana bisa sekitar 20 jam, ia semangat sahur pakai mie instan plus cabai bubuk.

Chimy in Finland adalah YouTuber Indonesia yang tinggal di Finlandia. Wanita bernama Chimy ini menikah dengan warga negara di Eropa Utara itu. Chimy rajin mengunggah video kehidupan sehari-harinya di sana. Tak terkecuali ketika Ramadhan.

Dalam keterangan videonya, Chimy menjelaskan Finlandia memiliki durasi waktu puasa terlama di dunia. Durasinya mencapai 18-22 jam, bahkan 23 jam untuk tahun ini. Nah, pada 2 Mei 2020 ia menunjukkan seperti apa kegiatan sahur keluarganya.

Bule Finlandia sahur pakai mie instanBule Finlandia sahur pakai mie instan Foto: YouTube Chimy in Finland

Baca Juga: Terlama di Dunia! WNI Ini Curhat Puasa di Finlandia 22 Jam

"Kita cari dulu mie apa yang mau kita bikin sahur ini," kata Chimy mengawali video. Terlihat ia menyimpan banyak merek mie instan Indonesia di lemarinya. Mulai dari yang mie goreng original, mie goreng pedas, sampai mie rebus aneka rasa.

Pilihannya jatuh pada mie instan goreng. Ia merebus mie bersama sayuran beku yaitu campuran kacang polong, jagung, dan paprika. "Aku tambahin sosis biar rame," tulis Chimy. Ia pun sadar kalau menu ini kurang sehat, namun katanya yang penting bisa mengganjal perut.

Bule Finlandia sahur pakai mie instanBule Finlandia sahur pakai mie instan Foto: YouTube Chimy in Finland

Terlihat ia dan suami menikmati sahur pukul 23.32 waktu setempat. Mie goreng yang sudah matang ditambahkan bubuk cabai dan nasi. "Gak kenyang kalo belum makan nasi," ujar Chimy.

Sedangkan suaminya memilih makan mie instan saja tapi ditambah cabai bubuk. Merek cabai bubuk yang dipakai berasal dari Indonesia dengan tambahan rasa teri. Suami Chimy terlihat lahap menyantapnya sampai habis.

Untuk menu buka puasa, pada 1 Mei 2020, Chimy memasak nasi goreng frozen dan kolak ubi. Ia bercerita kalau harga ubi di Finlandia mencapai Rp 22.000 per buah. Rasa ubinya bukan manis, tapi agak gurih karena biasa diolah jadi sup di sana.

Bule Finlandia sahur pakai mie instanBule Finlandia buka puasa pakai nasi goreng Foto: YouTube Chimy in Finland

Menu buka puasa keluarga Chimy pun siap. Nampak nasi goreng ayam, telur ceplok, dan sayurannya menggugah selera. Begitupun dengan takjil kolak ubi plus kuah gula merah dan santan.

Oh ya, meski durasi puasa di Finlandia sangat lama, keluarga Chimy putuskan mengikuti jadwal di Mekkah. Sebelumnya mereka ikuti jadwal puasa di Turki.

Baca Juga: Begini Pengalaman Orang Korea dan Amerika yang Coba Puasa Seharian



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Mie Instan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)