Mentega Rp 1,9 Juta Ini Terpilih Sebagai Salah Satu Makanan Terbaik di Dunia

Devi Setya - detikFood Senin, 04 Okt 2021 14:30 WIB
mentega Foto: iStock
Jakarta -

Mentega biasa dikonsumsi sehari-hari sebagai olesan roti atau bahan kue. Di Inggris ada mentega yang terpilih sebagai salah satu makanan terbaik di dunia.

Mentega atau butter terbuat dari olahan susu sapi. Aroma dan rasanya creamy lembut, biasanya orang menambahkan mentega sebagai olesan roti atau dijadikan campuran kue dan roti. Beberapa orang juga memilih menggunakan mentega sebagai pengganti minyak saat memasak.

Dilansir dari Metro (4/10) di Inggris ada mentega olahan yang dibanderol dengan harga cukup tinggi yakni £100 atau sekitar Rp 1,9 juta. Harganya yang mahal sebanding dengan kualitasnya karena mentega ini dibuat dengan campuran berbagai bahan premium.

Mentega Rp 1,9 Juta Ini Terpilih Sebagai Salah Satu Makanan Terbaik di DuniaMentega Rp 1,9 Juta Ini Terpilih Sebagai Salah Satu Makanan Terbaik di Dunia Foto: Metro

Mentega ini diracik dengan campuran lobster Inggris, kepiting Devon, kaviar, lemon, dan adas. Racikan mentega ini kemudian terpilih sebagai salah satu makanan terbaik di dunia. Mentega ini diberi sebutan Ridiculous No55 Lobster and Crab Butter yang berhasil memenangkan tiga bintang di Great Taste Awards tahun ini.

Mentega ini diproduksi oleh Sublime Butter, bisnis keluarga yang berbasis di Richmond, London Barat. Pendiri perusahaan, Chris Mair, mengatakan: The Great Taste Awards sama halnya seperti Oscar dalam versi makanan.

Ridiculous No55 Lobster and Crab Butter termasuk salah satu makanan yang berhasil memenangkan kontes. Di samping itu juga ada jenis makanan lain termasuk olesan dari jeruk yang dibuat di Tavros Attica, Yunani, dan madu lebah tanpa sengat yang dipanen di Singapura.

Guild of Fine Foods (GFF), yang menjadi tuan rumah penghargaan ini menerima 14.113 daftar makanan dari 108 negara di dunia. Jadi makanan-makanan yang terpilih sebagai juara sudah pasti sangat dipertimbangkan.

Pemenang kategori makanan dalam ajang The Great Taste Awards ditentukan oleh 350 pakar, termasuk koki, pengusaha kuliner dan kritikus kuliner. Semua juri mencicip makanan tanpa tahu campuran dan asal-usulnya alias blind test.

"Anda dapat mengatakan bahwa mentega itu enak ketika Anda duduk di sana dan hanya makan sesendok penuh mentega tanpa roti atau biskuit," kata seorang juri.

"Ini adalah produk yang sangat menarik dan inovatif," sahut juri lainnya.

"Mentega ini dicampur dengan sempurna untuk memberikan rasa luar biasa di mulut," timpal satu juri yang juga mengatakan mentega ini lezat.

"Tambahan adas memberi rasa khas seperti halnya jeruk lemon saat menyantap tiram. Ini menambah kemewahan secara keseluruhan."

Penghargaan bergengsi ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan untuk perusahaan kecil.

Produsen mentega ini mengatakan sudah mencoba membuat racikan mentega dengan berbagai bahan sejak tahun 2019. Sebelumnya ia pernah menambahkan merica pada mentega namun rempah ini justru menghilangkan rasa autentik dari mentega.

"Saya menyewa seorang koki dan kami menciptakan beberapa rasa mentega dan kemudian kami membuat mentega dengan aneka rasa. Kami tidak percaya tidak ada yang benar-benar melakukan ini sebelumnya," kata Chris Mair.

Selain mentega ini, perusahaan juga membuat mentega dengan rasa lain yang harganya lebih terjangkau. Misalnya ada mentega dengan truffle dan parmesan yang dijual dengan harga £4,25 atau sekitar Rp 82 ribu.



Simak Video "Menikmati Legitnya Durian Mentega dari Lereng Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com