Warung Makan Padang Kaki Lima

5 Fakta RM Rinai Pambasuah Luko, Warung Makan Padang yang Tawarkan Lauk 'Langka'

Riska Fitria - detikFood Senin, 04 Okt 2021 12:30 WIB
RM Rinai Pambasuah Luko: Puas Santap Dendeng Batokok Bakar yang Unik Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Warung makan Padang ini menawarkan aneka lauk unik, yakni lauk khas Solok yang jarang ditawarkan di restoran Padang umumnya.

Nasi Padang identik dengan rendang sebagai lauk populer. Kepopuleran rendang membuat banyak restoran Padang tak pernah absen untuk menyajikannya.

Namun sebenarnya, masakan Padang memiliki aneka lauk lainnya yang tak kalah lezat dan nikmat. Sayangnya, lauk-pauk tersebut tidak pernah ditawarkan di restoran Padang pada umumnya.

Biasanya restoran Padang gaya Bukittinggi menawarkan lauk-lauk seperti rendang, ayam pop, gulai otak, ayam bakar, tunjang dan lainnya. Namun, berbeda dengan warung makan Padang gaya Solok ini.

Nama warungnya adakah RM Rinai Pambasuah Luko yang berada di Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Mereka hanya menawarkan lauk-pauk unik dan terbilang langka khas daerah Solok.

Disebut demikian, karena lauk-pauk tersebut tak pernah disajikan oleh restoran Padang lainnya. Kami pun penasaran untuk mencicipinya. Kami mendatangi warungnya yang berada di lantai 3.

Untuk sampai ke lokasi, kamu cukup masuk dari pintu utama persis di depan halte Trans Jakarta Pasar Rumput. Kemudian melewati taman di samping Pasar Rumput dengan menaiki anak tangga.

Baca Juga : 10 Lauk Nasi Padang Enak, Yang Mana Favoritmu?

1. Berdiri Sejak Tahun 1996

RM Rinai Pambasuah LukoRM Rinai Pambasuah Luko Foto: detikcom/Riska Fitria

RM Rinai Pambasuah Luko ini merupakan usaha milik Akmal Sikumnbang bersama istrinya. Pria asal Desa Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Solok tersebut mendirikan warung usahanya pada tahun 1996.

"Sebelum membuka warung saya pernah bekerja sebagai pelayan restoran Padang selama kurang lebih 20 tahunan. Sempat pindah-pindah juga kerjanya," ujar Akmal saat ditemui detikcom (02/03).

Akmal juga sempat berjualan pakaian, sembako hingga plastik. Namun, usahanya tersebut selalu tidak membuahkan hasil. Sempat mengalami frustasi hingga pulang kampung, baru kemudian ia terpikirkan untuk membuka usaha warung makan Padang.

"Sempat jualan plastik juga di Pasar Rumput sama kakak, terus kakak meninggal dunia. Baru saat 20 Agustus 1996 buka lah warung Padang ini. Dari sejak buka sampai sekarang jualan selalu di sini," tutur Akmal

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sop Daging di Restoran Padang Hidden Gem yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com