Ngeri! 7 Hidangan Ini Sajikan Hewan Hidup dan Bergerak-gerak di Piring

Diah Afrilian - detikFood Senin, 04 Okt 2021 10:30 WIB
Ngeri! 7 Hidangan Ini Sajikan Hewan Hidup dan Bergerak-gerak di Piring Foto: iStock/Istimewa
Jakarta -

Budaya kuliner di dunia sangat beragam dan berbeda di tiap negara. Seperti tujuh hidangan ini yang disajikan dengan hewan hidup dan dipercaya berkhasiat.

Perbedaan budaya dan kepercayaan membuat banyak sekali perbedaan di dunia, termasuk perbedaan budaya dan kepercayaan terhadap suatu bahan makanan.

Hal tersebut yang menjadi dasar beberapa makanan dianggap tak lazim serta beberapa makanan ekstrem dipercaya berkhasiat di beberapa daerah tertentu. Bagi mereka yang tak terbiasa pasti akan bergidik ngeri saat melihat atau disajikan hidangan tersebut.

Di beberapa negara di dunia, bahkan ada hidangan yang menyajikan hewan hidup-hidup di atas piring. Tak jarang saat disantap hewan-hewan masih bergerak-gerak dan bikin konsumennya merinding.

Berikut ini 7 hidangan di dunia yang sajikan hewan masih hidup dan bergerak-gerak di atas piring:

Ngeri! 7 Hidangan Ini Sajikan Hewan Hidup dan Bergerak-gerak di PiringNgeri! 7 Hidangan Ini Sajikan Hewan Hidup dan Bergerak-gerak di Piring Foto: iStock/Istimewa

1. Yin Yang Yu, China

Berbeda dengan negara yang menyajikan 'ikan segar' lainnya, di China ada salah satu hidangan yang benar-benar menyajikan ikan yang sangat segar. Menggunakan bahan dasar ikan gurame, hidangan Ying Yang Yu akan menyajikan ikan berbalut saus yang masih bernapas di atas piring.

Ikan gurame yang dibersihkan sisiknya akan digoreng setengah badannya yaitu dari bagian tengah badan hingga ekor. Sedangkan setengah badan hingga kepalanya akan dibiarkan tetap hidup. Ikan kemudian akan disiramkan dengan saus asam manis dan saat disajikan ikan ini masih dapat bertahan hidup hingga 30 menit.

2. Ikizukuri, Jepang

Bukan sushi maupun sashimi biasa, ada lagi jenis sashimi yang agak ekstrem di Jepang. Ikizukuri merupakan sajian sashimi yang menggunakan daging ikan yang diambil dari ikan yang masih hidup.

Setelah pengunjung memilih ikan yang diinginkan, koki khusus ikizukuri ini akan mengiris ikan hidup-hidup tetapi tanpa mematikan ikan tersebut. Gerakan mulut ikan dan detak jantung ikan bahkan akan menemani pengunjung saat menyantap ikizukuri hingga habis.

Baca juga: Demi Followers, Pria Ini Tewas Karena Makan Cacing dan Tokek Hidup

Tonton : Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com