Warung Makan Padang

Lamak Bana! 5 Warung Nasi Kapau Ini Ada Puluhan Lauk Khas Bukittinggi

Devi Setya - detikFood Minggu, 03 Okt 2021 11:30 WIB
nasi kapau Hj. Zaidar Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Sekilas tampak sama tapi nasi Kapau dan nasi Padang berbeda. Mau menikmati nasi Kapau lezat, coba sambangi warung nasi Kapau yang punya puluhan menu autentik Bukittinggi.

Warung nasi Kapau banyak tersebar di Jakarta, ada di kawasan Kramat, Jakarta Pusat dan ada juga di kawasan Melawai Jakarta Selatan. Deretan lauk pelengkap nasi Kapau autentik pun tersaji sedap setiap hari.

Meskipun warungnya sederhana, bahkan ada yang berupa warung tenda kaki lima tapi rasa masakannya boleh diadu. Nasi Kapau juga disajikan secara khas bersusun dalam wadah yang ditata bertingkat di depan area makan. Tak heran kalau banyak orang kalap saat makan di warung nasi Kapau.

Di Jakarta ada warung nasi Kapau legendaris, seperti milik Ibu Kacamata. Sajian nasi Kapau di sini sudah terkenal sejak 1963 dan masih eksis hingga kini. Tentu saja hidangan yang lezat jadi kunci rumah makan ini bisa bertahan puluhan tahun.

Selain penyajiannya yang khas, di warung nasi Kapau juga ada menu yang khas seperti gulai tambusu, belut goreng serta dendeng kering balado. Semuanya Lamak Bana!

Berikut beberapa warung nasi Kapau yang punya lauk pauk lengkap di Jakarta:


1. RM Ibu Kacamata

Sudah tidak asing di kawasan Kramat Soka, Senen, Jakarta Pusat berjajar warung nasi Kapau. Salah satu yang legendaris adalah RM Ibu Kacamata. Lokasinya agak masuk gang namun pengunjung warung Kapau ini tak henti berdatangan, apalagi saat jam makan siang.

Warung makan ini sudah ada sejak tahun 1963, pemiliknya adalah Ibu Marnis yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Kacamata. Kini warung nasi Kapau ini dijalankan oleh anak Ibu Kacamata alias generasi kedua.

Di sini menunya sangat beragam, namun yang paling terkenal adalah dendengnya. Selain itu ada juga ikan bakar, rendang daging, rendang jengkol, rendang kentang dan kalau beruntung bisa menemukan gulai tambusu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com