Warung Makan Padang Kaki Lima

Meski Ada di Dalam Gang hingga Pasar, Kelezatannya Bertahan Puluhan Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Sep 2021 18:00 WIB
Pondok Salero Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Warung Makan Padang kaki lima kerap jadi incaran orang-orang untuk mengisi perut. Selain harganya terjangkau, pilihan lauknya banyak dan rasanya nikmat. Ada banyak warung Padang yang terkenal enak.

Sebutan RM Padang mengacu pada rumah makan yang menyediakan lauk-pauk khas Minang. Meski khas Sumatera Barat, faktanya RM Padang begitu terkenal di berbagai daerah Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Tetapi kemudian muncul juga warung makan Padang yang lebih sederhana, jualan di gerobak, atau mobil pick-up.

Hal ini tak mengherankan sebab makanan Minang sudah menjadi 'comfort food' alias makanan yang selalu dicari oleh banyak orang Indonesia. Cita rasanya akrab di lidah dan dinilai bisa memanjakan selera.

Menilik sejarahnya, nasi Padang ternyata punya cerita yang begitu panjang. Konon racikan nasi dengan lauk-pauk nikmat ini sudah ada sejak abad 19 ketika zaman kolonial, beriringan dengan tradisi merantau dan berdagang di kalangan masyarakat Minang.

RM Rinai Pambasuah Luko: Puas Santap Dendeng Batokok Bakar yang UnikFoto: detikcom/Riska Fitria

Sejarawan Fadly Rahman pernah menjelaskan pada detikfood (26/11/20) kalau racikan asli atau 'genuine' nasi Padang adalah nasi Kapau. Dahulu para wanita di nagari Kapau mendirikan usaha rumah makan di pasar atau dikenal sebagai lapau.

Kemudian RM Padang mulai dikenal dan 'menyebar' di kota-kota besar Indonesia karena banyaknya populasi orang Minang yang merantau setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Di kota rantauan inilah mereka pilih berdagang makanan Minang atau populer sebagai makanan Padang.

Baca Juga: Nasi Padang atau Nasi Kapau, Mana yang Lebih Dulu Dikenal?

Saat ini beberapa nama RM Padang begitu terkenal karena memiliki banyak cabang. Sebut saja RM Sederhana dan Simpang Raya. Namun sebenarnya selain itu ada banyak RM Padang lain yang juga layak dicoba.

RM Padang berskala kecil ini juga sering disebut warung makan Padang kaki lima karena lokasinya di pinggir jalan. Ada juga yang bilang warung makan Padang 'hidden gem' karena lokasinya yang tersembunyi di dalam gang dan masih jarang diketahui orang.

RM Rinai Pambasuah Luko: Puas Santap Dendeng Batokok Bakar yang UnikFoto: detikcom/Riska Fitria

Uniknya lagi ada beberapa warung makan Padang terkenal enak yang berada di pasar. Meski lokasinya sulit dijangkau karena harus masuk ke dalam pasar, warung makan Padang ini tak pernah sepi pembeli. Beberapa YouTuber kuliner bahkan tertarik menyambangi untuk menjajal kelezatan menunya.

Membicarakan warung makan Padang juga tak bisa meninggalkan warung makan Padang legendaris di Jakarta. Keberadaannya sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang.

Dalam ulasan pekan ini, detikfood akan membahas tuntas soal keberadaan warung makan Padang berskala kecil yang menarik perhatian. warung atau kedai Padang ini banyak yang sudah viral di media sosial.

RM Dibao Untuang, ada asam padeh tunjang dan sop daging yang nikmat rasanya.Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Selain karena lokasinya yang unik dan namanya yang belum diketahui banyak orang, warung makan Padang ini menarik disambangi karena pilihan menunya yang nikmat. Tentu saja bukan hanya di Jakarta, ada juga di Medan hingga Bandung yang bakal dibahas.

Supaya tak ketinggalan informasinya, pantau terus ulasan detikfood ya! Rekomendasi seputar warung makan Padang kaki lima yang enak ini dijamin bisa menambah panjang daftar tempat kulineran enak milikmu.

Baca Juga: Sejak Abad 19 Nasi Kapau Dijual Wanita Minang yang Ditinggal Merantau



Simak Video "Restoran Hijau dan Asri Ini Cuma 45 Menit dari Jakarta!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com