Pengantar Makanan Tak Boleh Pakai Toilet, Restoran Ini Dihujat Habis-habisan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 02 Okt 2021 15:00 WIB
Pengantar Makanan Tak Boleh Pakai Toilet, Restoran Ini Dihujat Habis-habisan Foto: Storypick/Reddit
Jakarta -

Restoran ini melarang semua pengantar makanan menggunakan toilet.Akibatnya mereka mendapatkan hujatan dan kritikan dari banyak orang.

Diskriminasi pada pengantar makanan masih kerap terjadi di India. Meski kini di India banyak orang yang lebih memilih untuk memesan makanan lewat aplikasi online, salah satunya seperti Zomatto.

Baru-baru ini restoran Corner House Ice Creams di India, mengundang banyak kritik dan hujatan dari banyak orang. Bukan karena pelayanan atau kualitas makanan mereka, melainkan karena tulisan berisi larangan penggunaan toilet untuk semua driver pengantar makanan.

Dilansir dari Storypick (28/09), foto-foto peraturan ini viral di media sosial hingga ke forum online Reddit.

Baca Juga: Pelayan Kafe Perlakukan Driver Ojol Seperti Sultan Ini Tuai Pujian

"Untuk semua pengantar makanan (driver) dari Zomato dan semua pengantar makanan dari aplikasi lainnya, dilarang menggunakan toilet yang berada di dalam restoran," isi peraturan tersebut.

Tentunya hal ini menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang merasa peraturan ini tidak adil. Karena bagaimanapun juga petugas pengantar makanan berhak mendapatkan perlakuan yang layak seperti orang lain.

"Orang-orang di India cenderung melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Mereka tidak memperbolehkan pengantar makanan untuk menggunakan lift hingga toilet. Tapi akan komplain jika makanan yang diterima tidak bersih atau lama. Ini merupakan contoh sehari-hari bagaimana kelakuan warga di India semakin mundur setiap harinya," kritik netizen @justanph***.

Pengantar Makanan Tak Boleh Pakai Toilet, Restoran Ini Dihujat Habis-habisanPengantar Makanan Tak Boleh Pakai Toilet, Restoran Ini Dihujat Habis-habisan Foto: Storypick/Reddit

"Tak hanya di restoran ini saja. Saya sering melihat banyak pemilik restoran memperlakukan para pengantar makanan ini dengan tidak layak," sambung @autugp**.

"Kalau saya yang jadi pemilik restoran, jika ada orang yang izin ingin ke toilet pasti saya mengizinkannya. Tidak perduli siapapun mereka, kecuali mereka orang yang tidak sopan. Menurut saya, sangat jahat untuk melarang seseorang menggunakan toilet," komen @marty**.

Meski banyak yang kritik, tapi ada juga beberapa netizen yang justru membela pihak restoran.

"Sebenarnya hal ini biasa saja. Karena toilet yang berada di dalam restoran memang dikhususkan untuk para customer saja. Banyak restoran populer yang setiap waktunya menampung sekitar 40 - 50 driver yang menunggu pesanan makanan. Tentunya mereka tidak ingin para driver ini berlalu-lalang menggunakan toilet. Apalagi jika restoran itu, restoran mewah atau fine dining," tulis @parth**.

Pengantar Makanan Tak Boleh Pakai Toilet, Restoran Ini Dihujat Habis-habisanPengantar Makanan Tak Boleh Pakai Toilet, Restoran Ini Dihujat Habis-habisan Foto: Storypick/Reddit

"Tidak peduli bagaimana konteksnya, tapi bukankah restoran ini milik pribadi? Jadi pemiliknya berhak menerapkan peraturan apapun. Seharusnya kita meminta ke pemerintah untuk lebih memperhatikan fasilitas toilet umum di India," pungkas @smoid**

Restoran Corner House Ice Creams sendiri dikenal sebagai salah satu restoran dan kafe yang terkenal dengan aneka menu es krim mereka. Restoran ini termasuk yang populer di India karena sudah berdiri sejak tahun 1982.

Baca Juga: Wanita Ini Tuai Pujian Usai Sediakan Camilan untuk Driver Ojol di Gerainya



Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com