6 Cara Simpan Alpukat, Kentang, hingga Brokoli Agar Awet dan Segar

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 02 Okt 2021 06:30 WIB
Isi kulkas Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menyimpan sayur agar awet segarnya butuh trik yang tepat. Enam trik mudah ini bisa ditiru untuk membuat sayuran di rumah jadi lebih lama masa simpannya.

Banyak orang yang membeli kebutuhan rumah tangga dalam waktu-waktu yang ditentukan. Misalnya seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Sayangnya beberapa bahan makanan tidak bisa disimpan begitu saja untuk waktu yang cukup lama.

Terutama pada bahan-bahan makanan segar seperti sayur-sayuran maupun buah-buahan. Ternyata ada triknya sendiri untuk menyimpan bahan-bahan segar ini bisa awet kesegarannya.

Mulai dari tomat, alpukat hingga beberapa sayuran ternyata bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama dengan trik tertentu. Simak baik-baik trik mudah berikut ini yang bisa kamu terapkan di rumah.

Berikut ini 6 cara simpan berbagai sayuran populer menurut Brightside:

tomatFoto: Getty Images

1. Tomat

Kaya akan kandungan air membuat tomat cukup sulit untuk disimpan dalam waktu yang lama. Kesalahan saat menyimpan tomat bisa membuat tomat menjadi layu atau bahkan cepat busuk.

Tomat bisa disimpan dengan cara disimpan dalam wadah dan dibekukan. Pastikan hanya keluarkan tomat saat akan digunakan. Tomat yang sudah disimpan dalam freezer cukup diambil seperlunya dan sebaiknya gunakan sampai habis.

2. Alpukat

Saat membeli alpukat yang tidak untuk langsung dikonsumsi, jangan memilih alpukat yang sudah matang. Pilih alpukat yang belum terlalu matang agar tidak busuk saat disimpan.

Simpan alpukat yang telah dibeli dengan menggunakan plastik maupun kantong kertas. Jangan dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu dan lebih baik simpan pada suhu ruang sampai alpukat matang dan segera konsumsi.

Baca juga: Agar Lebih Awet, Simpan Buah dan Sayur di Kulkas dengan Cara Ini

3. Bawang-Bawangan

Bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih maupun bawang bombai lebih bagus jika disimpan di tempat yang cenderung gelap. Jika tidak punya wadah rapat yang tidak tembus cahaya kamu bisa menggunakan kantong yang terbuat dari kertas dan menyimpan bawang-bawangan di dalamnya.

Saat disimpan dalam kantong, pastikan bawang-bawangan mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Semudah dengan membuat beberapa lubang yang tidak terlalu besar dan pastikan akan ada udara yang cukup untuk sirkulasi di dalam kantong kamu akan mendapatkan bawang yang awet tahan lama.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com