Cicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil Mario

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Okt 2021 16:30 WIB
Cicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil Mario Foto: TikTok emilmario
Jakarta -

Tuban punya makanan khas yang unik berbahan tanah liat, ampo. Seleb TikTok Emil Mario penasaran mencicipinya. Seperti apa ya reaksi Emil usai makan ampo?

Ada banyak makanan tradisional unik di berbagai daerah Indonesia. Salah satunya populer di Tuban dan Cirebon, ampo. Tergolong unik karena makanan ini berasal dari tanah liat!

Bentuknya berupa gulungan, mirip wafer roll, dengan warna hitam yang pekat. Ampo terbuat dari tanah liat yang diambil dari persawahan. Tanah dipilih dari bagian dalam sehingga bersih dari kerikil dan kotoran lainnya.

Untuk membuatnya, ampo ditumbuk dan dipadatkan hingga membentuk segi empat. Setelah itu, tanah liat 'diserut' hingga membentuk gulungan-gulungan tipis. Setelahnya ampo dimasak dengan cara dipanggang sekitar 4 jam.

ampoCicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil Mario Foto: Istimewa

Konon pengalaman makan ampo begitu unik. Ada aroma sangit yang khas. Teksturnya sendiri renyah mirip keripik. Saat dikunyah, ampo terasa pahit, tapi juga enak. Biasanya ampo dinikmati para orang tua sambil minum kopi.

Di balik keunikannya, ampo disebut punya manfaat sehat. Salah satunya melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Tanah liat yang merupakan bahan utama ampo juga bisa menjadi pelindung usus.

Baca Juga: Ampo, Makanan khas Cirebon yang Terbuat dari Tanah Liat

Mengetahui adanya ampo, seleb TikTok Emil Mario pun tertarik mencobanya. Sebelumnya ia memang dikenal sebagai sosok yang hobi mencicipi makanan viral di TikTok.

"Definisi rame banget ya orang-orang suruh gue cobain ampo ini, yang dari tanah liat. TANAH LIAT, masuk ke dalam mulut gue," katanya di awal video (30/9). Ia membeli sebungkus ampo dari market place seharga Rp 30 ribu.

Cicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil MarioCicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil Mario Foto: TikTok emilmario

Emil bergegas membuka plastik ampo. "Gue tuh ngebayangin tanah liat. Tanah yang mungkin udah diinjak-injak orang, yang udah kena telapak kaki anjing, terus sekarang gue makan," katanya.

Ia bilang aroma ampo mirip cat. Begitu menggigit dan mengunyahnya, Emil tak memberikan komentar. Ekspresi wajahnya langsung mual dan ia memuntahkan ampo dari dalam mulutnya ke tempat sampah.

Emil mengatakan, "Nggak enak, nggak enak banget. Rasanya kayak pensil, kayak kayu." Di kolom keterangan video pun ia menulis langsung sikat gigi beberapa kali untuk menghilangkan aroma dan rasa ampo di mulutnya.

Video Emil mencicipi ampo sudah dilihat lebih dari 6,8 juta kali saat berita ini ditulis. Netizen juga ramai memberikan komentar untuk eksperimen kuliner Emil kali ini.

Cicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil MarioCicipi Olahan Tanah Liat Khas Tuban, Begini Komentar Seleb TikTok Emil Mario Foto: TikTok emilmario

"Cuma review Emil doang yang gue percaya," kata seorang netizen yang merupakan 'top comment'. Lalu banyak juga yang baru tahu dan tak menyangka kalau ampo terbuat dari tanah liat.

Menanggapi unggahan Emil, beberapa warga Tuban juga ikut bersuara. Tak sedikit dari mereka yang menyayangkan ulasan Emil akan ampo. "Menurut gue sih kalau soal makanan khas itu memang lumayan sensitif pembahasannya. Mari belajar menghargai makanan khas tempat lain," sahut seorang netizen.

"Nggak enak ya? Bayangin deh nenek kakek kita dulu harus banget makan begituan gegara nggak ada makanan sama sekali," tutur netizen lainnya.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Tuban yang Kini Masyarakatnya Tajir Mendadak



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com