ADVERTISEMENT

Hari Kopi Internasional 2021, 7 Single Origin Indonesia Ini Jadi Primadona di Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 01 Okt 2021 15:00 WIB
Hari Kopi Internasional 2021, 7 Single Origin Indonesia Ini Jadi Primadona di Dunia
Foto: Istimewa

6. Java Mocha

Dihasilkan dari daerah Temanggung, kopi Java Mocha memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan rasa pahit yang begitu kuat. Namun di balik rasanya yang cenderung pahit ada roma dan cita rasa yang kaya dan khas sehingga membuat biji kopi ini begitu unik dan banyak dicari orang untuk dinikmati keistimewaan rasanya.

Berbeda dengan kopi-kopi sebelumnya yang cenderung memiliki aroma tumbuhan atau aroma yang alami, single origin jenis ini justru memiliki aroma menyerupai mocca yang begitu kuat. Untuk menikmati rasa dan aromanya secara efektif single origin jenis ini disarankan untuk diseduh dengan teknik tubruk, vietnam drip, maupun disajikan sebagai blended coffee.

Hari Kopi Internasional 2021, 7 Single Origin Indonesia Ini Jadi Primadona di DuniaHari Kopi Internasional 2021, 7 Single Origin Indonesia Ini Jadi Primadona di Dunia Foto: Istimewa

7. Sulawesi Kalosi

Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, dikenal dengan produksi biji kopi atau single origin berjenis Kalosi yang rasanya luar biasa. Perkebunan kopi yang dibudidayakan pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut ini ternyata mampu menghasilkan biji kopi berjenis arabika yang cukup unik dan berkarakter spesial.

Single origin Sulawesi Kalosi ini memiliki cita rasa asam menyerupai buah namun rasa yang muncul setelahnya justru akan berubah menjadi manis. Uniknya karakteristik dari single origin yang satu ini membuatnya banyak digemari di pasar kopi dunia terutama untuk dijadikan campuran membuat house blend karena diakui mampu membuat racikan house blend yang sempurna.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Mie Bakar Andaliman yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT