Menyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space Roastery

Ajie Prasetya - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 15:00 WIB
Menyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space Roastery Foto: detikcom/Ajie Prasetya
Jakarta -

Di kafe yang jadi pelopor roastery ini kamu bisa menikmati beragam kopi lokal single origin pilihan. Bisa memilih teknik seduhnya dan dinikmati hangat atu dingin.

Tempat ngopi itu bernama Space Roastery. Kafe beralamat di Gang. Loncang No.88, Rogoyudan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Berada di sebuah gang yang tidak jauh dari jalan raya. Menempati sebuah bangunan lantai dua berwarna hitam bernuansa modern. Semerbak aroma kopi tercium harum saat memasuki kafe yang selalu ramai dikunjungi penggemar kopi.

Menyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space RoasteryMenyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space Roastery Foto: detikcom/Ajie Prasetya

SpaceRoastery merupakan kafe sekaligusroastery. Di sini merupakan tempat mengolah kopi mulai dari biji kopi mentah hingga menjadi kopi bubuk. Coffeeroastery ini memanggang biji kopi sendiri, menggunakan teknik, waktu pemanggangan hingga penyajian kopi diolah di tempat langsung.

Menurut Dieen, Penanggungjawab Space Roastery Pusat, pada awal mula tempat ini didirikan pada tahun 2016. Ketika itu belum langsung terbentuk sebuah coffee roastery karena dulunya hanya menjual oleh-oleh.

Namun, karena sang pemilik yang memiliki pengetahuan soal kopi serta seiring berjalannya waktu ternyata bubuk kopi yang dijual sangat ramai peminat. Karenanya kafe ini fokus ke coffee roastery.

Menyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space RoasteryMenyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space Roastery Foto: detikcom/Ajie Prasetya

Semakin ramainya pengunjung ini membuat mereka memutuskan membuka coffee shop setahun kemudian.

"Hal ini supaya orang-orang yang datang nggak cuma bisa membeli bubuk atau biji kopi dari kita, tapi bisa nyicipi kopi di sini. Sekarang kita bahkan udah punya satu cabang di Jalan AM Sangaji, Kota Jogja, " ungkap Dieen.

Space Roastery ini merupakan salah satu pelopor roastery di Yogyakarta. Karenanya mendapat label sebagai Home Brewers Indonesia karena banyaknya biji kopi yang bisa dipilih dan dinikmati.

Kafe ini tak hanya menyediakan tempat untuk nongkrong dan sekadar ngopi. Ada berbagai varian biji kopi yang bisa dibeli. Persediaan biji kopi sendiri dipasoki oleh para petani kopi dan koperasi. Ada kopi lokal single origin, house blend, jenis arabica dan robusta dari seluruh wilayah Indonesia dan beberapa negara.

Menyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space RoasteryMenyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space Roastery Foto: detikcom/Ajie Prasetya

Kopi single origin merupakan kopi dari satu varietas jenis kopi saja. Sedangkan house blend adalah campuran atau racikan dari beberapa varietas jenis kopi.

"Favorit di sini sih untuk jenis single original ada Halu Pink Banana, Ethiopia Kello Magnolia, dan Lintong Green Mango. Banyak sih yang lain, tapi itu paling banyak (diminati),' jelas Dieen kepada Detikcom (15/3).

Kamipun tak melewatkan mencicipi salah satu jenis kopi single origin yang populer di sini, Halu Pink Banana. Biji kopinya berasal dari Gunung Halu, Jawa Barat. Termasuk dalam varietas Sigararutang dan diproses secara yellow honey.

Harganya Rp 25.000 dan disajikan dalam ukuran gelas yang besar. Kopi ini bisa dinikmati dalam versi panas atau dingin. Kami menuang kopi perlahan dari gelas besar ke gelas kecil dengan pelan. Sambil menghirup aroma lembut semerbak kopi gunung Halu.

Menyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space RoasteryMenyeruput Halu Pink Banana, Kopi Lokal Andalan Space Roastery Foto: detikcom/Ajie Prasetya

Seperti kopi Jawa Barat pada umumnya yang mempunyai jejak rasa manis, kopi gunung Halu inipun sama. Dihirup perlahan agar mendapatkan rasa terbaik dari kopi ini.

Ada semburat rasa manis strawberry bercampur pisang yang menjadikan jenis kopi ini menarik. Dengan menikmati kopi single origin, aroma dan citarasa asli kopi bisa dinikmati seutuhnya.

Puas ngopi, kamu juga bisa belanja kopi. Di tempat ini menjual bubuk kopi mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 400.000 an tergantung dengan berat dan jenis kopi. Selain itu, jika juga menyediakan makanan dan menu non-coffee juga.

Space Roastery menyediakan juga merchandise seperti kaos, gantungan kunci, buku, dan lain-lain. Juga ada peralatan penyeduhan kopi seperti gelas, sendok, teko, hingga mesin penggiling kopi. Sangat lengkap dan patut disambangi pencinta kopi.



Simak Video "Segelas Sakura Cold Brew yang Menyegarkan di Kafe Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com