Hobi Goreng Buah, Youtuber Ini Sebut Durian Gosong Rasanya Enak

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 13:30 WIB
Hobi Goreng Buah, Youtuber Ini Sebut Durian Gosong Rasanya Enak Foto: youtube VS Experiment
Jakarta -

Youtuber satu ini punya cara unik untuk makan buah-buahan. Ia menggoreng aneka buah seperti rambutan, pepaya hingga durian yang digoreng sampai gosong lalu dimakan.

Pemilik channel YouTube VS Experiment dikenal sebagai Youtuber yang kerap membuat konten eksperimen. Ia banyak menunjukkan berbagai hal yang dilihat melalui mikroskop.

Tapi kali ini, ia juga membuat konten percobaan menggoreng aneka buah. Berbagai buah digoreng lalu dimakannya. Ternyata ada yang enak namun tak sedikit yang rasanya aneh.

Berikut beberapa buah yang pernah dicoba digoreng dalam minyak panas:

1. Pepaya


Buah yang pernah digoreng adalah pepaya. Buah tinggi serat ini dipotong-potong kemudian digoreng dalam minyak panas. Sebelum digoreng, minyak sudah dicek suhunya melebihi 200 derajat Celcius.

Saat dimasukkan ke dalam minyak, pepaya langsung berubah menjadi lebih lunak. Namun setelah digoreng beberapa menit, warnanya tidak berubah drastis, masih tetap terlihat oranye cerah namun lebih berminyak.

Ketika dicoba, pepaya ini punya tekstur lembek dan berminyak. Soal rasa, pepaya goreng ini disebut manis.

Hobi Goreng Buah, Youtuber Ini Sebut Durian Gosong Rasanya EnakHobi Goreng Buah, Youtuber Ini Sebut Durian Gosong Rasanya Enak Foto: youtube VS Experiment

2. Durian


Durian bakar sudah biasa, bagaimana dengan durian goreng? Youtuber ini mengupas durian lalu menggoreng daging buah durian yang masih ada bijinya.

Durian goreng ini berubah warna menjadi kecokelatan namun tidak gosong dan kering. Saat dicoba ternyata rasanya enak, bahkan saking enaknya, sepiring durian goreng ini akan dihabiskan.


3. Jambu air

Jambu air juga ikut digoreng dalam minyak panas dan banyak. Ketika sudah digoreng, jambu air banyak menyerap minyak. Warna kemerahan pada jambu air juga berubah menjadi cokelat.

Kandungan air yang banyak pada jambu menjadikan buah ini tetap basah. Rasanya disebut seperti minyak goreng manis.

Hobi Goreng Buah, Youtuber Ini Sebut Durian Gosong Rasanya EnakHobi Goreng Buah, Youtuber Ini Sebut Durian Gosong Rasanya Enak Foto: youtube VS Experiment

4. Rambutan

Penasaran dengan rasa rambutan goreng, youtuber ini juga menggoreng buah dengan nama latin Nephelium lappaceum ini. Ia menggoreng dalam dua versi yakni rambutan kupas dan rambutan utuh yang masih ada kulitnya.

Untuk rambutan utuh, ternyata hanya bagian kulitnya saja yang tergoreng. Bagian dalamnya masih utuh namun sedikit berminyak. Sementara untuk rambutan kupas, rasanya seperti makan kelapa sawit yang berminyak.

5. Buah naga

Buah naga merah juga turut digoreng. Ia memotong buah naga menjadi bagian yang lebih kecil lalu memasukkan dalam minyak panas. Beberapa bagian daging buah naga terlihat membuat minyak berubah menjadi keunguan.

Buah ini juga menyerap banyak minyak dan ketika dimakan teksturnya sangat lunak dan berminyak. Selain buah-buahan, Youtuber ini juga pernah menggoreng es batu, daun sirih, daun singkong dan berbagai tumbuhan lainnya lalu dicoba untuk dimakan.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com