Sebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini Sebabnya

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 05:00 WIB
Sebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

2. Kopi yang dihangatkan tidak merubah jumlah kafein

Christopher Hendon menyebutkan kopi yang dihangatkan tidak merubah jumlah kafein yang terkandung di dalamnya. Kandungan kafein akan tetap sama saat kopi diseduh, kopi dalam keadaan dingin ataupun ketika kopi dipanaskan kembali.

"Kopi yang dipangggang menghasilkan jumlah kafein. Setelah diekstraksi menggunakan air, jumlah kafein akan tetap sama," kata Hendon.

Dalam secangkir kopi mengandung sekitar 95 miligram kafein.
"Kafein tidak terlalu reaktif," kata Hendon. "Ini adalah molekul organik yang cukup stabil yang diproduksi dalam proses pematangan biji kopi."

Satu-satunya cara untuk menghilangkan kafein dari kopi adalah melalui proses sublimasi di mana senyawa mengalami perubahan dari padat menjadi uap.

Sebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini SebabnyaSebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

3. Kopi akan kehilangan aromanya

"Meskipun kadar kafein pada kopi tetap stabil, itu tidak berarti kopi tidak akan berubah dengan pemanasan ulang," kata Hendon. Kopi akan kehilangan aromanya serta rasa kopi juga akan berubah.

Kopi yang sudah dipanaskan akan memiliki rasa tidak enak. Aromanya akan hilang karena menguap, rasanya juga seperti kopi yang sudah tidak segar. Namun jika tetap ingin memanaskan kopi, Hendon mengatakan lebih baik memanaskan menggunakan microwave dan tidak merebus kopi langsung di atas kompor.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com