Pencinta Kopi, Universitas Ini Tawarkan Studi Bergelar Master Kopi

Devi Setya - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 16:30 WIB
Pencinta Kopi, Universitas Ini Tawarkan Studi Begelar Master Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Thongsuk Atiwannakul
Jakarta -

Kalau kamu termasuk orang yang tertarik dengan dunia kopi dan ingin belajar serius soal kopi. Universitas di Italia ini menawarkan gelar master kopi.

Untuk menjadi barista profesional tentu harus mengikuti sederet pelatihan soal kopi. Dimulai dengan mengenal jenis kopi, kualitas kopi dan teknik mengolah kopi jadi minuman. Pelatihan ini banyak digelar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Setelah mengikuti pelatihan ini biasanya barista akan mendapatkan sertifikat. Tapi kalau mau lebih serius, kamu bisa mengikuti kelas kopi yang digelar dengan kurikulum setara pendidikan formal.

Pencinta Kopi, Universitas Ini Tawarkan Studi Begelar Master KopiPencinta Kopi, Universitas Ini Tawarkan Studi Begelar Master Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Thongsuk Atiwannakul

Dilansir dari Food NDTV (26/9) sebuah universitas di Florence, Italia membuka jurusan ilmu kopi dengan gelar master kopi. University Of Florence di Italia menawarkan gelar master kopi. Sekolah jurusan kopi ini mencakup proses belajar selama sembilan bulan.

Mahasiswa akan mempelajari berbagai hal seputar kopi mulai dari sejarah, teknologi kopi, kandungan dalam kopi hingga dunia bisnis kopi.

Kelas jurusan kopi untuk gelombang pertama ini akan digelar dengan pelajar berbahasa Italia. Untuk gelombang pertama yang dibuka pada Januari mendatang akan menerima 24 mahasiswa. Jika gelombang pertama ini berhasil menarik minat para penggemar kopi, maka untuk gelombang selanjutnya akan dibuka kelas dalam bahasa Inggris.

Kabarnya, pengajar untuk kelas kopi ini juga menyampaikan seluk beluk aspek bisnis kopi. Mahasiswa akan diberi pengetahuan soal asal usul kopi serta cara menyajikan minuman berbahan dasar kopi.

Karena orang Italia adalah peminum kopi dominan, tidak mengherankan kalau kelas kopi ini dibuka. Menurut Mordor Intelligence, "Pasar kopi Italia bernilai USD 3,16 miliar (Rp 45 triliun) pada tahun 2020."

Pencinta Kopi, Universitas Ini Tawarkan Studi Begelar Master KopiPencinta Kopi, Universitas Ini Tawarkan Studi Begelar Master Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Thongsuk Atiwannakul

Sebelum di Italia, ada beberapa universitas yang juga menawarkan sekolah khusus untuk barista. Seperti di Selandia Baru ada tiga universitas yakni Universal College of Learning (UCOL), Western Institute of Technology at Taranaki dan Nelson Marlborough Institute of Technology.

Sementara di Australia, para penggemar kopi bisa mendalami ilmu kopi di Complex Institute of Education.

Di Indonesia sendiri, belajar kopi bisa didalami di Rumah Kopi Institute yang menawarkan program jurusan kopi setara D1. Ada juga sebuah SMK di Sumedang yang merupakan satu-satunya sekolah yang membuka jurusan kopi.


SMK Pertanian Pembangunan Negeri atau SMK PPN yang berlokasi di Tanjungsari, Sumedang ini disebut-sebut merupakan satu-satunya SMK di Indonesia, yang membuka jurusan kopi.



Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com