ADVERTISEMENT

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 26 Sep 2021 07:00 WIB
Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew
Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Daya Simpan

Es kopi cenderung memiliki ketahanan simpan yang lebih sebentar. Hal ini disebabkan karakteristik es kopi yang cenderung disajikan sebagai kopi segar.

Es kopi disarankan untuk dikonsumsi maksimal dua jam setelah disajikan. Sedangkan hal sebaliknya terjadi pada kopi yang diseduh dengan metode dingin atau cold brew.

Diekstrak dengan suhu rendah membuat cold brew justru semakin nikmati jika disimpan semakin lama. Daya tahan cold brew bahkan dikatakan dapat disimpan hingga dua minggu sampai satu bulan lamanya.

3. Perbedaan Rasa

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold BrewSerupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew Foto: Getty Images/iStockphoto

Melalui proses yang jauh berbeda membuat kedua kopi dingin ini memiliki ciri khas rasanya masing-masing. Melalui proses penyeduhan panas, es kopi cenderung akan memiliki rasa yang lebih kuat.

Selain mengeluarkan rasa pahitnya, penyeduhan dengan air panas juga berkontribusi untuk memicu tingkat keasaman atau acidity pada es kopi. Sebaliknya, penggunaan suhu dingin pada cold brew membuat kopi yang dihasilkan cenderung lebih lembut rasanya.

Rasa pahit dari biji kopi pada proses penyeduhan cold brew cenderung tidak akan sekuat es kopi. Sama halnya dengan keasaman kopi yang cenderung akan lebih rendah pada cold brew. Maka dapat disimpulkan bahwa cold brew lebih cocok untuk kamu yang kurang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.

4. Harga

Melalui tahapan proses yang cukup jauh berbeda membuat keduanya dibanderol dengan harga yang juga jauh berbeda. Proses pembuatannya yang lebih lama membuat cold brew dihargai jauh lebih mahal dibandingkan dengan segelas es kopi biasa.

Segelas kopi ukuran sedang sekitar 350 mililiter biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp10 ribu kamu sudah bisa menikmati segelas es kopi hitam yang dingin dan menyegarkan.

Sedangkan untuk segelas cold brew tanpa tambahan pun dipatok dengan harga yang sedikit berada di atas segelas es kopi. Pada takaran yang sama 350 mililiter biasanya dihargai mulai dari Rp20 ribu.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT