Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 07:00 WIB
Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada banyak jenis minuman kopi di pasaran. Dua diantaranya adalah es kopi dan cold brew yang terlihat mirip, padahal berbeda. Ini lima perbedaannya.

Kopi merupakan minuman yang sangat akrab dengan orang dewasa. Terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat, kopi dipercaya dapat memberikan energi tambahan sebelum memulai aktivitas.

Bukan hanya kopi sachet, kopi sebenernya memiliki banyak jenis. Perbedaan jenis-jenis kopi ini dapat digolongkan berdasarkan biji kopi yang menjadi bahan utama, cara pembuatan, hingga bahan-bahan campuran tambahan yang melengkapi secangkir kopi.

Misalnya saja pada sebuah kopi hitam dingin yang ternyata bukan hanya sekadar kopi yang diseduh kemudian didinginkan. Ada juga cold brew yang sekilas rupanya terlihat sama tetapi ternyata beda. Teknik penyeduhan yang berbeda pada keduanya ternyata sangat berpengaruh untuk menentukan hasil akhir pada kopi.

Berikut ini 5 perbedaan es kopi dan cold brew:

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold BrewSerupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Cara Pembuatan

Es kopi merupakan minuman yang terbuat dari bubuk kopi yang diseduh dengan air panas kemudian didinginkan. Baik disimpan dalam kulkas dengan waktu yang lama maupun ditambahkan es batu untuk menurunkan suhunya dengan cepat.

Berbeda jauh dengan cold brew yang justru sejak awal sudah diseduh dengan air dingin atau suhu ruang dan tanpa air panas sama sekali. Pembuatan cold brew jauh membutuhkan waktu yang lebih lama dari es kopi hitam biasa. Bahkan cold brew memerlukan waktu penyeduhan hingga puluhan jam.

Pembuatan cold brew dimulai dengan penyeduhan bubuk kopi yang sudah ditempatkan dalam wadah kemudian ditambahkan air dingin atau air bersuhu ruang. Untuk mendapatkan ekstrak dan rasa kopi yang keluar dibutuhkan waktu kurang lebih 12 jam - 24 jam dengan disimpan di dalam kulkas atau ruangan bersuhu dingin.

Baca juga: 7 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta yang Perlu Diketahui Pencinta Kopi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com