Pantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di Restoran

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 15:00 WIB
Pantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di Restoran Foto: Site News/Site Social Media
Jakarta -

Tak bisa lepas dari nasi putih. Banyak orang-orang di Asia, khususnya Asia Tenggara yang rela lakukan apapun agar bisa makan kenyang dan hemat jika sedang di restoran. Termasuk bawa rice cooker ke restoran.

Sudah jadi makanan pokok dan makanan utama yang tidak bisa dilewatkan, nasi putih memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang Asia.

Berbeda jauh dengan budaya orang-orang di negara Barat. Orang-orang di Asia lebih memilih makan nasi dibandingkan roti atau pasta. Apalagi kebanyakan hidangan yang ada di Asia, memang cocok disandingkan dengan nasi putih yang masih hangat.

Walaupun lauk yang disajikan kadang sudah berbau Western, seperti di restoran cepat saji contohnya. Harga nasi putih di restoran cepat saji memang lebih mahal, apalagi porsinya juga mungil.

Tak heran ada beberapa orang yang pantang malu, dan lebih memilih membawa rice cooker isi nasi putih dari rumah. Agar mereka bisa hemat makan di restoran, tapi bisa sepuasnya makan nasi hingga kenyang.

Berikut lima kisah viral, aksi pantang malu orang-orang yang bawa rice cooker ke restoran.

Baca Juga: Jijik! Ditinggal Berbulan-bulan, Rice Cooker Ini Penuh Belatung" selengkapnya

1. Tenteng Rice Cooker

Pantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di RestoranPantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di Restoran Foto: Site News/Site Social Media

Biasa makan nasi putih tanpa ditakar, pria asal Manado ini sempat viral karena aksinya membawa rice cooker isi nasi putih penuh dari rumahnya, saat makan di restoran cepat saji yang ada di kotanya.

Lengkap dengan sendok nasinya, video pria bawa rice cooker ke restoran cepat saji ini viral di media sosial. Setelah videonya diunggah oleh pengguna Facebook bernama Eris Riswandi. Bahkan dalam waktu singkat, video ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan ribuan komentar yang beragam.

Meski mengundang pro dan kontra, tapi banyak netizen yang memahami mengapa pria ini sampai nekat bawa rice cooker dari rumah. Salah satunya karena porsi nasi di restoran cepat saji sangat sedikit, selain itu juga motif untuk berhemat dimaklumi oleh netizen.

2. Makan Sendiri Bawa Rice Cooker

Ilustrasi memasak nasi di rice cookerIlustrasi memasak nasi di rice cooker Foto: Getty Images/Stefan Tomic

Tak hanya pria, banyak juga para wanita yang tak malu menenteng rice cooker saat makan di restoran agar bisa tambah nasi putih sepuasnya, dengan cara yang lebih hemat dan mengenyangkan.

Seperti salah satu video viral yang dibagikan pengguna TikTok @aquarius.beth, pada awal tahun 2021 lalu. Tampak seorang pengunjung wanita, duduk sendirian di restoran cepat saji yang tengah ramai. Di sana ia asyik makan ayam goreng dengan minuman bersoda.

Tapi yang membuat video itu viral, justru terletak pada rice cooker yang dibawa wanita tersebut. Tanpa takut ditegur pihak restoran, wanita itu dengan santai menaruh rice cooker ukuran besar tersebut di atas meja yang menghadap ke arah kasir.


3. Bawa Panci Rice Cooker

Pantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di RestoranPantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di Restoran Foto: Site News/Site Social Media

Tak hanya di Indonesia saja, banyak juga orang Malaysia yang melakukan hal serupa untuk menghemat nasi putih saat makan di restoran cepat saji. Seperti video viral yang baru saja dibagikan oleh pengguna TikTok asal Malaysia @tengkuhahaha (23/09).

Di video itu, entah Teungku atau teman-temannya tengah asyik makan di salah satu gerai restoran cepat saji KFC yang ada adi sana. Mereka memesan beberapa jenis makanan termasuk ayam goreng hingga minuman bersoda.

Namun yang bikin ngakak adalah penampakan panci dari rice cooker isi nasi putih penuh yang diletakan di atas meja. Meski malu, tapi demi hemat mereka menebalkan muka saat pengunjung lain menatap aneh ke mereka.

4. Prank Bawa Rice Cooker

Pantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di RestoranPantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di Restoran Foto: Site News/Site Social Media

Motif bawa rice cooker ke restoran tak hanya untuk hemat atau kenyang saja. Tapi ada juga yang melakukannya untuk konten prank semata.

Seperti pemilik channel YouTube bernama Jamil Hanafi membawa sebuah rice cooker ke beberapa restoran fast food di wilayah Jogja. Ia memang salah satu content creator yang kerap membuat video prank. Dalam video pranknya itu ia terlihat membawa rice cooker bercorak putih pink.

Dengan santai ia mengambil nasi yang ada ke atas piring makannya. Orang-orang yang ada di sekitarnya terlihat menertawakannya. Begitupun dengan para staf restoran. Unggahannya itu sudah ditonton lebih dari ratusan ribu orang dan meraih belasan ribu like.

5. Niat Bawa Rice Cooker

Pantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di RestoranPantang Malu! Orang-orang Ini Bawa Rice Cooker Isi Nasi Agar Hemat Makan di Restoran Foto: Site News/Site Social Media

Berbeda dengan Jamil Hanafi, channel YouTube bernama Hadi Cung hanya menyambangi beberapa gerai KFC untuk meramaikan tantangan bawa rice cooker sendiri saat makan di restoran. Tren ini memang sempat viral beberapa tahun yang lalu, kebanyakan orang-orang memang sengaja membawa rice cooker ke restoran cepat saji untuk seru-seran semata.

Begitu juga dengan Hadi. Ia juga sengaja hanya membeli dua porsi ayam goreng dan dua gelas minuman bersoda. Sebab ia membawa rice cooker berwarna metalik.

Pengunjung lain terlihat terkejut dan menatap rice cooker yang ia letakkan di atas meja. Tak sedikit pula yang tersenyum melihatnya. Begitupun dengan para staf yang ada. Video prank ini diunggah pada 7 Juli lalu dan sudah ditonton oleh ribuan pengguna.


Baca Juga: Super Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice Cooker



Simak Video "Surga Kuliner Kaki Lima di Belakang Grand Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com