Super Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice Cooker

Devi Setya - detikFood Rabu, 30 Jun 2021 16:00 WIB
Super Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice Cooker Foto: soranews
Jakarta -

Sebuah kantong berwarna putih ini sekilas tampak biasa saja. Tapi sebenarnya, kantong ini berfungsi sebagai rice cooker. Super praktis!

Saat ini hampir sebagian besar orang memasak nasi menggunakan rice cooker. Mesin penanak nasi ini memang dibuat untuk memudahkan proses memasak nasi. Tinggal masukkan beras dan air lalu tekan tombol sambil menunggu beberapa saat, nasi hangat pun langsung bisa dinikmati.

Di Jepang ada 'rice cooker' unik berbentuk kantong. Dilansir dari Soranews (25/6) sebuah kantong bisa dimanfaatkan untuk memasak nasi. Kantong dengan nama Rice Cooker Bag ini dijual di minimarket dengan harga 100 yen (Rp 13 ribu). Dengan harga tersebut, bisa mendapatkan 4 kantong sekaligus yang bisa digunakan untuk memasak nasi.

Super Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice CookerSuper Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice Cooker Foto: soranews

Bahan pembuat kantong ini seperti kertas, sekilas mirip kantong teh celup namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Untuk menggunakannya cukup mudah, tinggal memasukkan beras ke dalam kantong lalu rebus bersama air dalam panci. Pastikan air ini merendam seluruh bagian kantong.

Dalam kemasan tertera petunjuk penggunaan. Kamu hanya perlu merebus nasi selama 15 menit dalam air mendidih. Gunakan panci kecil dan biarkan proses memasak ini tanpa menutup panci.

Super Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice CookerSuper Praktis, Kantong Ini Bisa Jadi Rice Cooker Foto: soranews


Setelah 15 menit, angkat kantong berisi nasi ini lalu diamkan dalam wadah tertutup. Proses ini mirip seperti sedang mengukus nasi. Langkah ini juga dimaksudkan untuk membuat nasi lebih lembut dan pulen. Diamkan dalam wadah tertutup selama 10 menit.

Nasi yang sudah matang ini bisa langsung dinikmati. Setelah dilakukan uji coba, ternyata waktu pemasakan kurang lama sehingga nasi yang dihasilkan masih keras dan beberapa bulir beras masih tampak utuh.

Lamanya proses pemasakan tergantung jumlah beras dan jenis beras yang dimasak. Semakin banyak beras yang dimasak maka semakin lama juga proses pengolahannya.

Di Jepang, kantong penanak nasi ini biasa diandalkan saat hendak pergi piknik. Kamu tidak perlu repot membawa nasi dalam jumlah banyak yang justru rentan basi.



Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Kepal Bungkus Telur untuk Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com