Memasak dan Membuat Kue Bisa Jadi Peredam Stres, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 11:00 WIB
Crying man with pan on head on gray background Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ketika jenuh dengan rutinitas sehari-hari, tentu pikiran akan stres dan mengganggu kesehatan mental. Mungkin kamu bisa mencoba bikin kue karena kegiatan ini ampuh meredakan stres.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres. Beberapa orang memilih traveling, berkebun atau melakukan hobi yang sudah lama ditinggalkan. Jika tak punya banyak waktu, uang dan tenaga, kamu bisa meredakan stres dengan cara memasak.

Memasak dan membuat kue ternyata bisa menurunkan kadar stres seseorang. Hal ini juga berdampak pada kesehatan tubuh karena tak bisa dipungkiri kalau stres adalah penyebab awal timbulnya berbagai penyakit.

Dilansir dari Metro (20/9) membuat kue memang tidak ada kaitannya dengan kesehatan otak namun aktivitas ini terbukti mampu meredam stres sehingga mental dan fisik terjaga kesehatannya. Bukan hanya sekedar memasak, kegiatan ini juga membuat kamu jadi kreatif.

Martin Preston, pendiri dan kepala eksekutif di pusat rehabilitasi Delamere menyimpulkan beberapa fakta bahwa membuat kue bisa meredakan stres.

1. Mengurangi tingkat stres

Memanggang dan membuat kue dapat membantu menurunkan hormon stres, seperti kortisol dan epinefrin.

Ini tidak hanya baik untuk menurunkan tingkat stres dan kecemasan, tetapi juga berdampak pada kualitas tidur, tingkat kekebalan tubuh, tekanan darah, dan banyak hal lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa membuat kue memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebuah penelitian juga menemukan fakta bahwa orang-orang yang terlibat dalam proyek kreatif kecil, seperti memasak dan membuat kue, merasa lebih antusias dengan kegiatan yang mereka lakukan keesokan harinya.

Tidak perlu membuat kue atau makanan yang rumit, cobalah dulu membuat makanan sederhana yang jadi favorit. Misalnya pancake cokelat atau cake dengan taburan keju parut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com