Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini

Devi Setya - detikFood
Kamis, 23 Sep 2021 16:30 WIB
Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati

4. Rendang telur kering


Selain rendang telur rebus, ada juga olahan rendang telur kering khas Minang yang tak kalah enak dan bisa disimpan dalam waktu lama. Rendang satu ini bisa disantap sebagai camilan ataupun lauk pelengkap makan.

Orang Minang biasanya menyantap rendang telur kering ini sebagai pelengkap ketupat sayur. Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan telur ayam dengan tepung terigu dan tepung beras, aduk hingga rata.

Kemudian buat dadar telur tipis seperti kulit lumpia. Dadar ini kemudian dipotong kecil-kecil lalu digoreng hingga garing. Selanjutnya barulah dimasak dengan bumbu rendang hingga kering.

Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama IniMumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati

5. Tips simpan telur agar awet

Kalau kamu ingin menjadikan telur mentah sebagai stok di rumah, perhatikan beberapa hal yang bisa membuat telur awet lama. Sebelum disimpan, telur harus dicuci lebih dulu agar bersih dan terhindar dari bakteri salmonella.

Kemudian tempatkan bagian telur yang runcing di bawah dan bagian tumpul di atas, hal ini dimaksudkan agar kantong udara yang berada di bagian telur yang tumpul tetap berada di atas. Jika disimpan dalam lemari es, telur bisa bertahan hingga 3 minggu.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)